IBL

Sacramento Kings menyodorkan perpanjangan kontrak untuk Bogdan Bogdanovic. Mereka ingin pemainnya bertahan lama di Golden 1 Center. Namun, Bogdanovic tidak ingin buru-buru mengambil keputusan.

Kings menyodorkan perpanjangan kontrak maksimal empat tahun senilai AS$50 juta. Bogdanovic tidak langsung mengambilnya karena membutuhkan waktu. Ia sebenarnya ingin bertahan, tetapi masa depannya juga perlu dipikirkan.

“Saya ingin menetap,” kata Bogdanovic per Sacramento Bee. “Semua orang tahu saya menyukai Sacramento. Semua orang senang berada di sini. Ini tim yang hebat. Saya bahagia sekarang dan saya bahagia selama ini, tetapi saya tidak ingin buru-buru.”

Bogdanovic saat ini mengantungi sisa kontrak satu tahun. Ia akan membela Kings setidaknya hingga 2019-2020. Seandainya pemain asal Serbia itu tidak menerima perpanjangan kontrak, maka ia akan jadi pemain bebas terbatas (restricted free agent). Kings dan klub NBA lainnya bisa perang harga untuk mendapatkannya.

Sejak kedatangannya pada 2017, Bogdanovic sendiri telah menjadi pemain yang berguna bagi Kings. Ia bahkan menjelma sebagai pemain yang serbabisa. Entah itu menjadi pencetak poin maupun pencipta permainan. Pada 2018-2019 saja, ia mampu tampil dalam 70 pertandingan dengan 17 kali muncul sebagai starter. Bogdanovic mengoleksi rata-rata 14,1 poin, 3,5 rebound, 3,8 asis, dan 1 steal.

Persentase tembakan keseluruhannya (FG%) mencapai 41,8 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan (eFG%) 49,6 persen. Sementara true shooting percentage (TS%) 53 persen.

Pada musim panas 2019 ini, Bogdanovic juga sempat tampil bersama tim nasional Serbia di Piala Dunia. Ia selalu muncul sebagai pencetak poin yang produktif. Serbia tidak segan mengandalkannya. FIBA bahkan menganugerahinya gelar All-Star Five.

Dengan pencapaian itu, nilai Bogdanovic semakin tinggi. Kings sangat menghargai keberadaannya. Mereka sampai berani menyodorkan perpanjangan kontrak maksimal. Saat ini, Bogdanovic memang belum bisa menerimanya. Namun, ia mengatakan dirinya bisa membuat keputusan kapanpun. Sebab, ia menyukai Sacramento. (put)

Foto: NBA

Komentar