IBL

Keberhasilan Toronto Raptors meraih juara memang kerap dikaitkan dengan keberadaan Kawhi Leonard dan Marc Gasol. Kedua pemain senior dan sudah cukup berpengalaman di playoff ini dianggap menjadi pembeda besar dalam duel enam laga Raptors dengan Golden State Warriors di final. Namun, rasanya semua penggemar NBA tak bisa begitu saja melupakan peran pemain cadangan Raptors, Fred VanVleet.

Fred tampil luar biasa tidak hanya di final. Ia memulai rangkaian performa apiknya sejak playoff, lebih tepatnya sejak anaknya lahir. Di seri final, Fred menjalankan fungsi sebagai penjaga Stephen Curry saat bertahan dengan baik. Sebaliknya saat menyerang, Fred berhasil mengancam pertahanan Warriors dengan akurasi tripoinnya yang luar biasa.

Selama enam gim di final, Fred bermain rata-rata 32,4 menit per gim. Pemain yang kerap disamakan dengan penyanyi rap, Drake, ini menyumbang 14,0 poin, 2,7 rebound, dan 2,2 asis per gim. Akurasi keseluruhannya di angka 45 persen sementara dari tripoin, ia memasukkan 39,3 persen tembakannya.

Dalam wawancara terbaru dengan TSN, Fred menceritakan kehidupannya pascajuara. Selain itu, ia juga tak sungkan membagikan targetnya di masa depan. “Saya adalah seorang juara NBA dan tidak satu orang pun di dunia ini yang bisa menampik hal itu selamanya. Sekarang, tugas kami adalah untuk kembali bermain sebaik mungkin dan membuktikan kepada semua orang bahwa kami memang layak mendapatkan hal itu,” terang Fred.

“Jujur, saya tidak punya masalah tentang peran saya selama ini, saya cukup menikmatinya. Namun, saya adalah orang yang cukup vokal saat bicara tentang apa yang saya inginkan. Saya tidak akan mematri diri saya sebagai pemain cadangan sepanjang karier saya. Saya jelas ingin menjadi pemain utama (starter) dan saya rasa saya sudah cukup bagus untuk mendapatkan peran itu sekarang. Namun, kembali lagi, semua ini tentang yang terbaik untuk tim,” tutupnya.

Menilik skuat Raptors di pemusatan latihan kali ini, Fred masih harus bersaing dengan garda veteran berkaliber All Star dalam diri Kyle Lowry. Rasanya masih sangat sulit bagi Fred untuk menggeser posisi Kyle sepenuhnya musim depan mengingat Raptors telah menolak beberapa tim yang berencana melakukan pertukaran untuk Kyle. Namun, skenario lain yang memungkinkan adalah menurunkan kedua pemain ini secara bersamaan dan menggeser posisi Fred sebagai garda penembak. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar