IBL

Toronto Raptors bertamu ke markas Miami Heat dalam lanjutan laga NBA, Rabu malam, 26 Desember 2018, waktu setempat. Laga yang digelar di American Airlines Arena, Miami, Florida, Amerika Serikat, ini berjalan seru hingga detik-detik akhir pertandingan. Heat yang sempat unggul di paruh pertama, harus rela keunggulan mereka dibalik oleh Raptors di kuarter tiga. Saling berbalas merebut keunggulan di kuarter akhir, Raptors yang tampil lebih solid saat bertahan berhasil menutup laga dengan kemenangan tipis 106-104.

Raptors menciptakan 37 poin di kuarter tiga berbanding hanya 21 milik Heat. Ini menjadi satu-satunya kuarter di mana Raptors berhasil mengungguli Heat secara perolehan poin. Kegagalan sistem pertahanan Heat di sisa 22 detik laga dimanfaatkan dengan sempurna oleh Raptors lewat tripoin Danny Green. Sebaliknya, pertahanan sempurna Raptors di sisa laga membuat tiga percobaan Heat dari Dwyane Wade dan Justis Winslow tak menemui sasaran.

Hasil ini membawa Raptors kembali ke jalur kemenangan usai takluk atas Philadelphia 76ers di laga sebelumnya. Raptors semakin kukuh di puncak klasemen sementara Wilayah Timur dengan total 26 kemenangan dari 36 laga yang sudah dilakoni.

Tim asuhan Nick Nurse ini menjadi satu dari tiga tim yang baru menelan 10 kekalahan hingga kini. Dua tim lainnya adalah Milwaukee Bucks dan Denver Nuggets. Sebaliknya untuk Heat, kekalahan ini memutus tren lima kemenangan beruntun mereka. Heat kini masih bertengger di peringkat tujuh klasemen sementara Wilayah Timur dengan rekor menang-kalah (17-16).

Tanpa diperkuat Kyle Lowry, Kawhi Leonard menjadi tumpuan utama Raptors untuk mencetak angka. Selama 35 menit bermain, Leonard membukukan 30 poin dan 7 rebound dengan 12 poin di antaranya datang di kuarter tiga. Danny Green mengemas 18 poin dan 7 rebound sementara Fred VanVleet mencetak 16 poin. Pascal Siakam melengkapi daftar pencetak angka dengan digit ganda Raptors usai mengemas 10 poin plus 9 rebound.

Dari kubu Heat, Justise Winslow yang menjalani debut sebagai garda utama (point guard) menjadi yang terdepan untuk urusan poinn. Selama 33 menit, Winslow mengemas 21 poin, 2 rebound, dan 4 asis dengan akurasi mencapai 56 persen. Josh Richardson menyusul dengan 17 poin dan 7 asis. Hassan Whiteside menjadi satu-satunya pemain dengan dobel-dobel di laga ini usai membukukan 16 poin, 12 rebound, dan 3 blok sementara James Johsnon mencetak 12 poin dan 6 rebound. Tyler Johnson dan Dwyane Wade menjadi penyumbang angka terbanyak dari bangku cadangan usai masing-masing mengemas 12 dan 10 poin.

Raptors masih akan bertahan di Florida untuk laga selanjutnya dengan berpindah ke markas Orlando Magic, lusa, waktu setempat. Sementara Heat masih akan bertahan di kandang mereka dengan menjamu Cleveland Cavaliers, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: Twitter, @NBA

 

Komentar