IBL

Kekayaan Zion Williamson dapat dipastikan bertambah. Melalui akun Instagram-nya, ia mengumumkan telah menyetujui sodoran kerja sama yang diajukan Gatorade. Ruki New Orleans Pelican ini tak sendiri. Minuman berenergi asal Amerika Serikat tersebut juga sudah menunjuk Paul George, Jayson Tatum, dan Karl Anthony-Towns guna jadi wajah promosi mereka di NBA musim 2019-2020.

Minuman yang ada di bawah naungan Pepsi Co. itu menyandang status sebagai produk yang terafiliasi dengan NBA paling lama. Kontrak kerja sama mereka telah dimulai sejak 1980-an. Endorsemen terbesar dan tersukses adalah Michael Jordan. Iklan “Be Like Mike” yang dirilis pada 1991 sukses menarik perhatian khalayak ramai. Selain itu, Dwyane Wade juga menyandang tugas yang sama medio 2005 dan Kevin Durant pada 2013.

Setidaknya ada tiga minuman berenergi besar yang memasukkan NBA atau pemainnya yang berlaga di sana sebagai materi promosi. Mereka adalah Gatorade, Powerade, dan BodyArmor. Minuman berlogo petir berwarna jingga ini jadi pemimpin dengan menguasai sekitar 77% pasar melansir data dari Euromonitor International.

Gatorade telah membangun sebuah laboratorium bernama Gatorade Science Institute yang dikenalkan pada NBA G-League musim 2017-2018. Di sana, Gatorade membuat formula guna menyediakan minuman berstandar atlet yang bisa mengurangi rasa dehidrasi dengan lebih cepat mengutip dari Forbes.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan Forbes pula, pihak peneliti Gatorade sudah menemui Zion. Mereka mengambil tetes keringat, mencata persentase kehilangan cairan, dan uji ketahanan dehidrasi. Sampel itu digunakan sebagai data dasar pembuatan Gatorade yang dibuat sesuai dengan kondisi yang dialami Zion. Suplemen ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan Zion namun tetap sesuai dengan batasan-batasan yang dibuat NBA.

Zion Williamson terbukti jadi pemuda paling disorot di kancah perbasketan Amerika Serikat beberapa waktu belakangan. Popularitasnya bisa dibuktikan lewat endorsemen yang sudah mengikatnya. Angka terbesar datang dari Nike yang mendapuknya jadi duta Jordan. Dilanjutkan dengan penjaja kartu pemain resmi Panini yang menunjuk Zion sebagai muka promosi. Setelah itu, video gim NBA 2K menjadikannya pemain yang muncul di fitur Take-Two Interactive.

Fanatics, agensi yang menangani penjualan pernak-pernik NBA secara daring, melalui Fox Business menjabarkan bahwa seragam tanding Zion terjual lebih banyak dari total seragam ruki tahun 2018 dalam lima hari pertama perilisan. Cakupan itu ditambah dengan pernak-pernik lain seperti kaos. Laman itu juga menambahkan bahwa Zion bisa melampaui popularitas LeBron James andai ia terus menjaganya dalam beberapa tahun ke depan. (ajb)

Foto: Associated Press, NBAE untuk Gatorade

Komentar