IBL

Samahang Basketbol ng Pilipinas (Federasi Basket Filipina) berencana melakukan seleksi pemain untuk SEA Games 2019, minggu depan. Sebanyak 15 pemain akan diseleksi oleh Kepala Pelatih Tim Cone. Enam dari 15 pemain yang diseleksi berasal dari tim Barangay Ginebra. Lalu ada pula pemain-pemain yang diturunkan di Piala Dunia FIBA 2019 Cina.

Filipina menjadi tuan rumah SEA Games 2019 pada 30 hingga 11 Desember mendatang. Basket merupakan salah satu cabang olahraga andalan negara tersebut. Karenanya, mereka tidak ingin main-main dalam menyiapkan tim.

Setelah memilih Tim Cone sebagai kepala pelatih, Samahong Basketball ng Pilipinas (SBP) mengumumkan 15 pemain yang akan diseleksi untuk timnas Filipina (Gilas Pilipinas). Enam pemain berasal dari Barangay Ginebra yaitu LA Tenorio, Scottie Thompson, Japeth Aguilar, Art Dela Cruz, Stanley Pringle, dan Greg Slaughter.

Ada pula pemain-pemain yang tampil di Piala Dunia FIBA 2019 yaitu Roger Pogoy, Troy Rosario, dan June Mar Fajardo. Sementara itu, ada tambahan pemain seperti Jayson Castro, Marcio Lassiter, Chris Ross, Vic Manuel, Mathew Wright, dan Christian Standhardinger.

Di Piala Dunia FIBA 2019, Filipina kalah lima laga berturut-turut. Filipina menyerah dari Italia (62-108), Serbia (67-126), Angola (81-84), Tunisia (67-86), dan Iran (75-95).

Bila dilihat dari daftar nama tersebut, ada pemain yang memperkuat timnas Filipina di SEA Games 2017, yaitu Troy Rosario dan Christian Standhardinger. Filipina mendapatkan medali emas setelah mengalahkan Indonesia dengan skor 94-55.

"SEA Games ini sangat penting bagi kami. Medali emas basket adalah sesuatu yang tidak ingin kami lepaskan. Jadi kami berusaha keras untuk mencari cara terbaik mewujudkan target tersebut," kata Tim Cone, seperti dikutip dari sports.inquirer.net.

Filipina sendiri sudah mengumpulkan 17 medali emas basket putra dari 22 kali penyelenggaraan SEA Games. Bahkan mereka sudah empat kali juara berturut-turut sejak SEA Games 2011 hingga terakhir tahun 2017 di Malaysia.

Di sektor 3x3, SBP memanggil beberapa pemain untuk diseleksi yaitu Robert Bolick, CJ Perez, Terrence Romeo, Tony Semerad, Ian Sangalang, Chris Banchero, Raymond Almazan, Jason Perkins, Mo Tautuaa, Baser Amer, Chris Newsome, dan Mac Belo. Timnas 3x3 putra Filipina dilatih oleh Ronnie Magsanoc. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar