IBL

Rajko Toroman ragu Indonesia mampu menumbangkan dominasi Filipina di basket Asia Tenggara. Meskipun dirinya nanti menangani timnas Indonesia. Sebab Indonesia akan punya tim baru dengan barisan pemain muda.

Pelatih veteran tersebut menyatakan bahwa Indonesia masih belum mampu mengalahkan Filipina, khususnya di SEA Games. Seperti yang ia sampaikan kepada Reuben Terrado, jurnalis olahraga spin.ph beberapa waktu lalu.

"Sangat sulit bagi Indonesia. Sebab Indonesia sedang membangun generasi baru, dengan pemain muda. Selain itu, Indonesia juga akan memiliki pemain naturalisasi, tapi belum tahu siapa orangnya," kata pelatih asal Serbia tersebut. "Filipina saat ini menjadi favorit peraih medali emas di SEA Games. Sementara itu negara lainnya akan berupaya mendapatkan peringkat kedua."

Rajko Toroman diperkenalkan sebagai calon kepala pelatih timnas putra Indonesia pada 21 Juni 2019 di Jakarta. Kedatangan Toroman sebagai program jangka panjang timnas basket Indonesia. Ia diproyeksikan menangani timnas Indonesia untuk SEA Games 2019 dan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 yang berlangsung pada tahun 2019 dan 2020.

Bila di SEA Games, Toroman masih jagokan Filipina, maka di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 targetnya adalah menempati urutan ketiga di penyisihan. Sebab pada babak ini, Indonesia berada satu grup dengan Filipina, Korea Selatan, dan Thailand. Memang untuk lolos langsung, Indonesia harus berada di peringkat satu atau dua. Tapi ada peluang lolos juga untuk tim peringkat ketiga. Namun harus berebut tiket lolos dengan lima tim lainnya.

Baca Juga: Memahami Sistem Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021

"Indonesia akan mencoba untuk bisa bersaing di babak kualifikasi. Itu tujuan utamanya, yaitu memperbaiki penampilan, dan saya tahu itu sangat sulit. Indonesia berharap bisa berpartisipasi di FIBA Asia Cup," imbuhnya. "Tentu saja, Indonesia bisa memberi kejutan. Tapi bila melihat kekuatan Indonesia saat ini, mereka sangat jauh dengan Korea Selatan dan Filipina."

Toroman kini berada di Filipina. Ia bertugas sebagai konsultan pelatih Mighty Sports yang akan bertanding di William Jones Cup 2019. Toroman mendampingi kepala pelatih Mighty Sports Charlie Tiu yang sedang bertugas sebagai asisten pelatih timnas muda Filipina di FIBA U19 Basketball World Cup 2019.

Toroman sendiri yang melakukan persiapan tim Mighty Sports untuk William Jones 2019. Mighty Sports nanti diperkuat oleh Renaldo Balkman, Jason Brickman, dan mantan pemain NBA Hamadi N'Diaye. (tor)

Foto: Guustave Fabiano

Komentar