IBL

Toronto Raptors melewati musim terbaiknya pada 2018-2019. Mereka berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Golden State Warriors. Namun, Raptors musim depan bukanlah Raptors yang lalu. Kawhi Leonard, pemain andalan yang mengantarkan mereka ke podium juara, juga pindah ke tim lain.

Meski begitu, President of Basketball Operations Masai Ujiri percaya timnya akan baik-baik saja. Ia berpikir Raptors masih bisa juara tanpa Leonard. Ia menjamin Trofi Larry O’Brien akan mampir kembali ke Kanada.

Ujiri sendiri sejauh ini tidak menampik soal betapa pentingnya sosok Leonard. Ia mengakui bahwa sang pemain telah membantu Raptors menumbuhkan kultur juara. Mereka belajar darinya.

“Saya melihat apa yang tim ini telah lakukan dan  apa yang dapat kami pelajari dari sana” kata Ujiri dalam wawancara bersama Adrienne Arsenault dari CBC. “Kami belajar untuk menang. Dan Kawhi mengajari kami hal itu. Ia mengantarkan kami ke sana.”

Leonard kini sudah resmi bergabung dengan Los Angeles Clippers. Ia tidak memperpanjang kontrak. Ujiri pun tidak bisa lagi mengandalkannya. Namun, dalam wawancara yang sama, Sang Presiden percaya bahwa sebagian hati Leonard ingin tinggal. Apalagi mengingat Raptors telah menjadi pelabuhan yang baik bagi pemain bergelar juara NBA dua kali itu.

“Ia juara di kota ini, memiliki salah satu tembakan hebat dalam sejarah NBA, para penggemar, parade yang luar biasa,” kata Ujiri. “Saya kenal Kawhi. Saya tahu ia benar-benar memikirkan semua hal itu.”

Selain Leonard, Raptors sebenarnya juga kehilangan Danny Green. Garda tembak berusia 32 tahun itu merapat ke Los Angeles Lakers. Sehingga tim mesti kehilangan dua pemain utamanya.

Untungnya, Raptors tidak kehilangan semua hal. Mereka bahkan masih memiliki sebagian besar kekuatannya. Pemain senior sekelas Kyle Lowry, Marc Gasol, dan Serge Ibaka memilih menetap. Pemain yang sedang naik daun seperti Paskal Siakam dan Fred VanVleet pun masih di sana.

Dengan keberadaan pemain-pemain itu, Raptors memiliki armada untuk menjadi tim papan atas. Apalagi Ujiri mengatakan timnya sekarang punya kultur juara. Raptors akan berusaha mempertahankan itu. Mereka akan tahu apa yang mesti dilakukan. (put)

Foto: NBA

Komentar