IBL

Timnas Indonesia akan mengikuti turnamen sebagai bagian dari program pemusatan latihan. Kali ini yang dipilih adalah 2019 Hualien City Kwen-Fu International Basketball Tournament. Acara tersebut berlangsung di Taiwan pada 24 hingga 29 September 2019. Timnas Indonesia membawa serta Brandon Jawato dan Denzel Bowles.

Turnamen ini menggunakan sistem setengah kompetisi. Mula-mula 10 tim akan dibagi menjadi dua grup di babak penyisihan. Setelah itu baru menggunakan sistem gugur di playoff. Berikut di babak penyisihan:

Grup A:
1. Mono Vampire
2. Nine Tech Basketball Team (SBL)
3. USA Team
4. Bank of Taiwan
5. Formosa Dreamers

Grup B:
1. Indonesia National Team
2. Malaysia Westport Dragons
3. Pauian
4. Haoyu International
5. Taiwan Beer

Timnas Indonesia akan berangkat ke Taiwan pada 23 September 2019. Sebanyak 14 pemain dibawa ke Taiwan, termasuk dua calon pemain naturalisasi, yaitu:

1. Andakara Prastawa Dhyaksa
2. Hardianus Lakudu
3. Reggie William Mononimbar
4. Abraham Damar Grahita
5. Avan Seputra
6. Mei Joni
7. Kaleb Ramot Gemilang
8. Laurentius Steven Oei
9. Vincent Rivaldi Kosasih
10. M. Reza Fahdani Guntara
11. Kevin Yonas Argadiba Sitorus
12. Valentino Wuwungan
13. Brandon Jawato
14. Denzel Bowles

"Kalau target, kami ingin juara. Namun kami mengutamakan kekompakan tim lebih dulu. Sebab kami membawa serta Denzel dan Jawato juga," kata Fareza Tamrella, manajer timnas putra Indonesia.

Kejuaraan Hualien Kwen-Fu Cup pernah diikuti oleh Satria Muda Pertamina Jakarta pada tahun 2017. Satria Muda bertandang ke Taiwan juga sebagai salah satu program latihan jelang musim reguler bergulir. Turnamen ini merupakan agenda tahunan sejak tahun 2003 lalu dan menjadi turnamen pra-musim liga basket Taiwan, Super Basketball League (SBL). Tetapi peserta tahun ini lebih istimewa karena ada kontestan ASEAN Basketball League (ABL). (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar