IBL

Pemain senior Wendha Wijaya dipanggil untuk mengikuti Pemusatan Latihan Tim Nasional Basket Putra Indonesia. Pemain NSH Jakarta tersebut menggantikan Hardianus yang sedang menjalani penguatan otot setelah operasi. Wendha berulang kali masuk seleksi, namun hingga kini belum pernah tampil di turnamen internasional berseragam timnas.

Wendha mulai latihan hari Senin 17 Juni 2019. Ia dipanggil untuk menggantikan Hadianus Lakudu yang masih bermasalah dengan tangannya. Hardianus beberapa waktu lalu menjalani operasi untuk melepas pen di tangannya. Sekarang ia sedang menguatkan otot-otot tangan setelah operasi tersebut.

"Wendha masuk menggantikan Hardianus. Jadi jumlah total pemain yang berlatih tetap 15 orang," kata Fareza Tamrella selaku manajer Timnas Putra Indonesia.

Sudah ada tiga nama yang diganti di pemusatan latihan kali ini. Pertama ada Adhi Pratama yang cedera dan digantikan oleh Tri Hartanto. Lalu Arki Dikania Wisnu digantikan David Liberty Nuban. Arki juga masih belum sembuh seratus persen dari cederanya. Terakhir ada Wendha yang menggantikan posisi Hardianus.

"Kalau pergantian akan terus dilakukan hingga jelang pertandingan. Baik itu FIBA Asia maupun SEA Games. Tetapi untuk jumlah pemain tidak berubah," imbuh Fareza.

Bagi Wendha, masuk seleksi tim nasional seperti ini sudah biasa. Sebab beberapa kali ia dipanggil seleksi timnas untuk SEA Games. Namun belum pernah terpilih. Wendha sendiri punya beberapa pengalaman bertanding di SEABA Champions Cup waktu ia masih bermain di Satria Muda dulu.

"Kalau SEABA (Champions Cup) sering, tapi saya lupa tahun penyelenggaraannya. Kalau untuk SEA Games, saya seleksi saja beberapa kali," katanya. "Tetapi yang pasti, bagi saya merupakan kebanggaan tersendiri bisa dipanggil kembali untuk timnas Indonesia."

Wendha menjadi pemain paling senior di pelatnas kali ini. Sebab Kepala Pelatih Wahyu Widayat Jati dan jajaran pelatih lebih banyak memanggil pemain-pemain muda. Namun Wendha yakin bisa bersaing dengan mereka.

"Sebenarnya kalau sudah membela tim nasional itu tidak ada lagi tua atau muda. Siapapun yang terpilih harus memberikan yang terbaik untuk Indonesia," ucap Wendha.

Sebagai turnamen uji coba, Timnas Indonesia akan bertanding di William Jones Cup 2019. Turnamen ini berlangsung di Taiwan pada bulan Juli mendatang. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar