IBL

Timnas Basket Putra Indonesia berlaga di William Jones Cup di Taiwan pada 12 hingga 21 Juli 2019. Indonesia akan bersaing dengan delapan tim peserta lainnya. Ini merupakan turnamen pertama yang diikuti timnas putra Indonesia setelah menjalani pemusatan latihan kurang lebih tiga bulan.

Indonesia akan bertanding melawan delapan kontestan, yaitu Kanada (Univ. of British Columbia), Yordania, Korea Selatan, Jepang, Filipina (Mighty Sports), Iran, Chinese Taipei-A, dan Chinese Taipei-B. Turnamen ini menggunakan sistem round-robin. Semua tim akan saling berhadapan, lalu juaranya ditentukan dari banyaknya jumlah kemenangan.

Timnas Indonesia diperkuat 13 pemain yaitu 1. C.J. Giles (Pemain Asing), Wendha Wijaya, Widyanta Putra Teja, Arif Hidayat, Kaleb Ramot Gemilang, Mei Joni, Juan Laurent Kokodiputra, M. Hardian Wicaksono, M. Arighi, Indra Muhammad, Yanuar Dwi Priasmoro, Tri Hartanto, serta Kelvin Sanjaya. Mereka dipimpin oleh Kepala Pelatih Wahyu Widayat Jati.

"Ini merupakan langkah awal pembentukan tim Indonesia. Kemampuan tim ini akan dinilai setelah turnamen William Jones Cup. Rencananya, selesai turnamen, akan ada seleksi pemain lagi yang dipimpin langsung oleh Rajko Toroman," kata Fareza Tamrella, manajer timnas Indonesia.

Meski dimulai pada 12 Juli 2019, namun Indonesia baru bertanding tanggal 13 Juli 2019. Berikut jadwal Timnas Putra Indonesia di William Jones Cup 2019:
13 Juli 2019 - Indonesia Vs. Kanada (Univ. of British Columbia)
14 Juli 2019 - Indonesia Vs. Yordania
15 Juli 2019 - Korea Selatan Vs. Indonesia
16 Juli 2019 - Jepang Vs. Indonesia
18 Juli 2019 - Indonesia Vs. Chinese Taipei-A
19 Juli 2019 - Filipina (Mighty Sports) Vs. Indonesia
20 Juli 2019 - Chinese Taipei-B Vs. Indonesia
21 Juli 2019 - Indonesia Vs. Iran

Pada edisi sebelumnya, Indonesia juga berpartisipasi. Saat itu, Indonesia menurunkan tim yang disiapkan untuk Asian Games 2018 di bawah asuhan Kepala Pelatih Fictor Gideon Roring. Dari delapan pertandingan, Indonesia hanya mampu mencuri satu kemenangan. Indonesia menang melawan Chinese Taipei White dengan skor 87-75. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar