IBL

Sebagai pemilik Charlotte Hornets, Michael Jordan, baru saja mengumumkan bahwa ia telah menggandeng dua rekanan baru untuk menjalankan tim. Hal tersebut disampaikan dalam rilis resmi tim, Sabtu, 14 September 2019, waktu setempat. Dua investor itu adalah Gabe Plotkin, pemilik Melvin Capital dan Daniel Sundheim, pemilik D1 Capital. Dua perusaahan itu bergerak di bidang investasi dan sama-sama berpusat di area New York.

Tidak disebutkan secara rinci seberapa besar saham yang dilepas Jordan kepada dua rekanan barunya. Namun, beberapa sumber meyakini bahwa hanya sebagian kecil saham yang dilepas oleh Jordan. Jordan sendiri total memiliki 97 persen saham Hornets setelah membelinya sebesar AS$180 juta pada tahun 2010 dari Bob Johnson.

“Saya sangat senang menyambut  Gabe dan Daniel sebagai rekanan baru kami di Hornets Sports & Entertainment (HSE),” buka Jordan dalam rilis resmi tim. “Di sisi lain, saya masih akan memegang penuh kontrol atas organisasi ini. Investasi yang diberikan Gabe dan Daniel kepada Hornets benar-benar penting mengingat upaya kami untuk terus melakukan modernisasi dan penambahan teknologi terbaru demi meingkatkan daya saing Hornets di NBA.”

“Baik Gabe atau Daniel sudah sangat terbukti sebafai seorang pemimpin unit industri. Di sisi lain, mereka juga punya hasrat tinggi kepada basket dan segala yang ada di dalamnya. Mereka telah membagi komitmen tinggi pada kota ini dan saya tak sabar untuk bekerja serta belajar dari mereka,” tutupnya.

Pernyataan ini semakin menegaskan komitmen Jordan untuk terus bersama Hornets dalam waktu yang lama. Perlu diketahui, Jordan adalah satu-satunya mantan pemain yang kini bertindak sebagai pemilik tim NBA. Fakta itu membuatnya jadi salah satu penghubung terbaik antara pemain dan para pemilik tim NBA.

Meski secara prestasi belum menunjukkan peningkatan yang signifikan, Hornets bisa dibilang berkembang cukup baik secara bisnis. Sebagai tim dengan pasar yang bisa dibilang kecil, Hornets kini memiliki nilai sebesar AS$1,3 miliar, berdasarkan data dari Forbes. Tak sampai di situ, Hornets dikabarkan sudah menjual 80 persen tiket musiman mereka jelang musim 2019-2020. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar