IBL

Spanyol keluar sebagai juara dunia. Mereka mengalahkan Argentina di final Piala Dunia 2019. Spanyol menang 95-75 di Wukesong Sports Center, Beijing, Cina, MInggu 15 September 2019.

Ricky Rubio, garda utama Spanyol, tampil gemilang. Ia mengoleksi 20 poin, 7 rebound, dan 3 asis. Persentase tembakannya mencapai 55 persen.

Selain Rubio, lima pemain Spanyol lain juga menyumbang dobel digit poin. Sergio Llull mencetak 15 poin. Marc Gasol 14 poin, 7 rebound, dan 7 asis. Rudy Fernandez dobel-dobel 11 poin dan 10 rebound. Hernangomez bersaudara, Juancho dan Willy, menambahkan masing-masing 11 poin.

Sementara itu, Argentina mendapat sokongan dari Gabriel Deck. Pemain bernomor punggung 14 itu mencetak 24 poin. Nicolas Laprovittola dan Facundo Campazzo di belakangnya dengan 17 dan 11 poin. Namun, mereka gagal memenangkan pertandingan.

Spanyol tampil meyakinkan di final. Mereka membuka pertandingan dengan baik. Timnas Negeri Matador itu mampu unggul selisih sembilan poin (23-14) di kuarter satu. Kemudian, melebarkan jarak menjadi 43-31 di kuarter selanjutnya.

Spanyol tidak pernah tertinggal. Mereka selalu unggul. Tim asuhan Sergio Scariolo itu mampu menjaga asa. Mereka bahkan tambah unggul di kuarter tiga. Spanyol memimpin dengan skor 65-47. Selisih melebar sampai 18 poin.

Di kuarter akhir, Argentina sempat menekan. Mereka mencetak 28 poin. Namun, itu saja tidak cukup. Sebab, Spanyol mampu mengumpulkan satu poin lebih banyak. Mereka menjaga asa sehingga menang 95-75.

Spanyol kini menjadi juara dunia. Mereka menjadi tim bola basket nomor satu. Spanyol tidak terkalahkan sepanjang kejuaraan. (put)

Foto: FIBA

Komentar