IBL

Spanyol mesti menghadapi Serbia di Piala Dunia 2019. Namun, mereka tidak tampak gentar. Padahal Serbia merupakan timnas nomor satu dalam daftar peringkat FIBA. Spanyol bahkan mampu menekuk Serbia dengan skor 81-69 di Wuhan Sports Centre, Wuhan, Cina, Minggu 8 September 2019.

Ricky Rubio, garda utama Spanyol, mencetak 19 poin, 5 rebound, dan 4 asis. Meski persentasenya rendah (38 persen), ia ternyata mampu menjadi pencetak angka terbanyak. Namun, Rubio tentu tidak tampil sendirian. Ada dua pemain Spanyol lain yang juga mencetak dobel digit angka.

Victor Claver, forwarda, mencetak 14 poin. Ia melengkapi perolehan itu dengan tambahan 7 rebound, 2 asis, 3 steal, dan 2 blok. Sementara Marc Gasol, senter, mengumpulkan 11 poin, 6 rebound, dan 6 asis. Spanyol menjadi momok bagi Serbia karena tiga pemain tersebut.

Di sisi lain, Serbia bertumpu pada Bogdan Bogdanovic. Pemain Sacramento Kings itu mencetak 26 poin dengan persentase 64 persen. Sayangnya, perolehan itu tidak mampu mengangkat Serbia. Mereka tetap kalah dari Spanyol.     

Spanyol berhasil menekuk Serbia karena permainan mereka di kuarter 2—4. Tim nasional Negeri Matador itu sebenarnya sempat tertinggal 20-13 di kuarter satu. Namun, Rubio dkk. membaliknya. Mereka unggul perolehan poin 32-17 di kuarter dua, sehingga memimpin skor 45-37.

Sejak saat itu, Spanyol tidak pernah tertinggal lagi. Mereka mampu menjaga asa. Apalagi Nikola Jokic, senter andalan Serbia, diusir dari lapangan di kuarter tiga.

Jokic melakukan unsportmanlike foul dan technical foul. Akibatnya, ia harus keluar dari lapangan lebih cepat. Spanyol memanfaatkan itu untuk melebarkan jarak. Skor sementara 67-56.

Di kuarter empat, Serbia sempat bangkit. Mereka mencetak 13 poin lagi. Spanyol membalasnya dengan 14 poin. Selisihnya hanya satu, tetapi cukup untuk membuat tim asuhan Kepala Pelatih Sergio Scariolo itu menang. Spanyol menutup pertandingan dengan skor 81-69.

Dengan kemenangan itu, Spanyol pun naik ke peringkat satu. Mereka menjadi pemuncak klasemen Grup J di babak penyisihan kedua. Spanyol belum terkalahkan sejak pertandingan pertamanya di Piala Dunia tahun ini.

Selanjutnya, Spanyol akan bertemu Polandia di babak playoff. Polandia merupakan tim peringkat dua di Grup I. Sementara itu, Serbia akan menghadapi Argentina yang menjadi tim peringkat satu di Grup I.  Kedua pertandingan itu berlangsung lusa. (put)

Foto: FIBA

Komentar