IBL

Spanyol berhasil memimpin Grup C. Mereka bertengger di puncak klasemen setelah mengalahkan Iran di pertandingan terakhir babak penyisihan pertama Piala Dunia 2019. Spanyol menang 73-65 di Guangzhou Gymnasium, Guangzhou, Cina, Rabu 4 September 2019.

Marc Gasol, senter senior Spanyol, menjadi pencetak angka terbanyak. Ia mengumpulkan 16 poin plus 6 rebound dan 3 asis. Ia merupakan momok bagi pertahanan Iran.

Juancho Hernangomez kemudian membantu Spanyol dengan dobel-dobel 11 poin dan 10 rebound. Victor Claver menambahkan 11 poin, 4 rebound, dan 3 asis. Spanyol pun menang setelah memasukkan 52,9 persen tembakannya.

Sementara itu, Iran bertumpu pada Hamed Haddadi. Meski hanya mencetak 10 poin, ia mampu mendulang 15 bola pantul dan mengirim 6 asis. Haddadi sempat membut Spanyol kesulitan.

Selain itu, Iran juga punya Mohammad Jamshidi dan Michael Rostampour. Jamshidi mencetak 15 poin. Rostampour 13 poin.

Iran sebenarnya mampu tampil mengesankan di awal pertandingan. Mereka bahkan unggul 21-18 di kuarter satu. Namun, Spanyol mampu membalikkan skor. Mereka unggul 15-10 sehingga memimpin total skor 33-31.

Irang kembali tampil mengesankan di kuarter tiga. Mereka mencetak 22 poin. Sementara Spanyol hanya 19. Iran surplus satu poin (53-52).

Spanyol kemudian memanas di kuarter akhir. Mereka meretas pertahanan Iran, lalu membombardir dengan tembakan-tembakan dari segala sisi. Spanyol mengumpulkan 21 poin dari sana. Iran hanya sempat membalas dengan 12 poin.

Dengan penampilan kuarter empat, Spanyol pun berhasil menang. Total skor 73-65. Mereka tidak terkalahkkan.

Spanyol menang tiga kali dari tiga pertandingan. Mereka kini memimpin Grup C dengan perolehan 190 poin. Spanyol pun berhak melaju ke babak penyisihan kedua. Mereka akan melawan Serbia, Italia, dan Puerto Rico yang tergabung di Grup J. (put)

Foto: FIBA

Komentar