IBL

Spanyol kembali menekuk lawannya di Piala Dunia 2019. Mereka menang atas Puerto Rico dengan skor 73-63. Itu merupakan kemenangan kedua Spanyol di Guangzhou Gymnasium, Guangzhou, Cina, Senin 2 September 2019.

Marc Gasol, senter, mencetak 19 poin, 7 rebound, 2 asis, 2 steal, dan 2 blok untuk Negeri Matador. Ricky Rubio, garda, menambahkan 17 poin, 8 rebound, 4 asis, dan 1 steal. Kedua pemain NBA itu menjadi momok mengerikan bagi lawan.

Puerto Rico, di sisi lain, mendapat bantuan dari Gian Clavell. Pemain bernomor punggung 24 itu mencetak 13 poin, 5 rebound, dan 4 asis untuk negaranya. Gary Browne menambahkan 11 poin, 4 rebound, 6 asis, dan 2 steal. Namun, itu belum cukup untuk mengalahkan Spanyol.

Kedua tim sebenarnya kesulitan mencetak poin. Persentase tembakan keseluruhan mereka rendah. Spanyol 39,7 persen sementara Puerto Rico 37,1 persen. Spanyol menang karena berhasil memanfaatkan momentum di kuarter tiga. Mereka unggul selisih 10 poin hingga akhir pertandingan.

Kendati berhasil menang, Spanyol gagal memimpin di awal pertandingan. Mereka sempat tertinggal 17-21 di kuarter pertama. Spanyol baru bangkit di kuarter dua sehingga berbalik unggul 36-35.

Gasol, Rubio dkk. kemudian memanas. Mereka memperlebar jarak di kuarter tiga. Spanyol unggul 21-10 sehingga total skor menjadi 57-45.

Tim asuhan Sergio Scariolo tersebut lantas memanfaatkan momentum di kuarter tiga untuk terus berada di atas angin. Spanyol tidak pernah tertinggal lagi. Para pemainnya mampu menutup pertandingan dengan kemenangan. Spanyol menang dengan selisih 10 poin (73-63).

Dengan kemenangan itu, Spanyol kini berada di puncak klasemen dengan empat poin. Puerto Rico berada di bawahnya. Namun, poinnya sama dengan Tunisia (3).

Spanyol akan kembali bertanding lusa. Saat itu, mereka harus menghadapi Iran. Sementara Puerto Rico akan melawan Tunisia di hari yang sama. (put)

Foto: FIBA

Komentar