IBL

Spanyol melanjutkan tren positif mereka di Piala Dunia 2019. Tim nasional Negeri Matador itu menang atas Italia di babak penyisihan kedua. Mereka menang 67-60 di Wuhan Gymnasium, Wuhan, Cina, Jumat 6 September 2019.

Juancho Hernangomez menjadi pencetak angka terbanyak Spanyol. Ia mengumpulkan 16 poin. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 60 persen.

Ricky Rubio, garda senior, kemudian menambahkan 15 poin. Sergio Llull di belakangnya dengan 11 poin. Mereka bergantian mengisi sisi belakang (backcourt) Spanyol.

Di pihak Italia, Danilo Gallinari mencetak 15 poin, 5 rebound, 2 asis, dan 2 steal. Sementara Luigi Datome menyumbang 12 poin dengan persentase tembakan 50 persen. Kedua pemain itu menjadi momok bagi pertahanan Spanyol.

Italia bahkan mampu bersaing sengit melawan Spanyol sepanjang pertandingan. Timnas Negeri Spageti itu mengancam dari berbagai sisi. Spanyol mesti susah payah untuk merebut kemenangan.

Kedua tim imbang 18-18 di kuarter satu. Italia kemudian mengambil alih skor setelah unggul tipis 13-12 di kuarter dua. Kedudukan berubah menjadi 31-30.

Di kuarter tiga, Spanyol bangkit. Mereka unggul perolehan poin 20-17. Spanyol mengambil giliran memimpin. Mereka unggul total 50-48.

Kedua tim terus bersaing sengit di kuarter akhir. Spanyol dan Italia imbang 50-50. Mereka sempat nirpoin selama semenit sampai Italia memecah kebuntuan. Mereka mencetak satu poin melalui tembakan gratis.

Italia sempat di atas angin ketika Gallinari melesakkan tripoin. Mereka memimpin 56-52 di sisa waktu 4:21. Namun, hal itu tidak serta merta membuat mereka memenangkan pertandingan. Spanyol lagi-lagi bangkit dan mencetak 17 poin di kuarter empat. Sementara Italia hanya 12. Spanyol pun menutup pertandingan dengan kemenangan 67-60.

Dengan kemenangan itu, Spanyol kini berada di peringkat dua Grup J. Mereka hanya terpaut satu peringkat dari Serbia. Selanjutnya, tim peringkat satu dan dua itu akan bertemu lusa. (put)

Foto: FIBA

Komentar