IBL

Beberapa waktu belakangan LeBron James kerap mengunggah video menyantap Taco setiap hari selasa di media sosial. Alhasil, istilah “Taco Tuesday” pun menggema bagi para penikmat makanan asli Meksiko itu di Amerika Serikat. Meski berawal dari sekadar konten, LeBron ingin membawanya ke ranah yang lebih serius. Ia kemudian mengajukan hak paten atas istilah tersebut. Sayangnya hal tersebut tidak membuahkan hasil.

Kantor berita CBS melaporkan bahwa proposal pengajuan itu ditolak Badan Hak Paten Amerika Serikat (United States of Patent and Trademark Office - USPTO) kemarin, 11 September 2019, waktu Amerika Serikat. LeBron James yang diwakili LBJ Trademarks LLC mengirim surat itu pada 15 Agustus 2019. Cakupan yang diminta adalah meminta hak honorarium yang menyertakan frasa “Taco Tuesday” di segala bentuk pemasaran daring mulai dari media sosial, blog, iklan di mesin pencari internet, video makan, dan lain sebagainya.

Video santap Taco LeBron James sekeluarga bersama Anthony Davis.

USPTO menyebut bahwa istilah tersebut sudah lazim dipakai selama puluhan tahun. Di Negeri Paman Sam, budaya menyantap Taco di hari selasa sudah seakan kegiatan yang dianjurkan. Berbagai restoran hingga warung pinggir jalan yang menjual menu Meksiko juga kerap menyediakan promo khusus. Melalui surat pengumuman, mereka menegaskan bahwa tagar TacoTuesday bisa dipakai oleh siapapun selama konten yang dibagikan berada di koridor kepantasan bermediasosial.

Usaha empat kali peraih MVP untuk mendapatkan atensi khalayak ramai terbilang masif. Ia sudah getol mengunggah video makan Taco di hari selasa beberapa bulan belakangan. Ia punya banyak waktu untuk bersantai mengingat musim kompetisi yang masih berada di masa libur. Di sisi lain, libur musim panas membuat masyarakat Amerika Serikat punya kecenderungan membeli kudapan guna menemani mereka berlibur dan bersantai.

Alasan utama mengapa LeBron menginginkan paten itu adalah untuk komersialisasi konten. Ia dikabarkan telah berencana untuk membuat PodCast dengan nama demikian. Ia juga ingin video makan Taco miliknya bisa menghasilkan pemasukan. Anthony Davis sudah pernah tampil di sana dan tampak menikmati momen bersama kompatriotnya di Lakers itu.

Tahun 1989, sebuah restoran masakan Meksiko bernama Taco John sukses mematenkan materi pemasaran penjualan bertajuk “Taco Tuesday” menurut laman Priceconomics. Selang beberapa waktu, mereka meminta untuk penguatan paten namun USPTO memutuskan untuk menolak. Frasa tersebut terlanjur populer dan sudah jadi istilah lazim bagi masyarakat. (ajb)

Foto: Sports Illustrated

Komentar