IBL

Toronto Raptors telah melewati musim terbaiknya pada 2018-2019. Mereka menjadi juara NBA untuk pertama kalinya dalam sejarah pada musim itu. Raptors pun kini bersiap untuk mempertahankan gelar. Salah satunya dengan mempromosikan Brittni Donaldson sebagai asisten pelatih.

Sebelumnya, Donaldson menjabat sebagai analis data. Dengan promosi itu, ia pun naik jabatan dan akan bekerja langsung di samping Kepala Pelatih Nick Nurse. Donaldson bisa menggunakan pengalamannya sebagai analis dengan peran yang lebih besar.

Selain itu, Donaldson juga semakin membuktikan bahwa perempuan bisa berkontribusi di NBA. Saat ini, liga tersohor sedunia itu memiliki setidaknya sembilan asisten pelatih perempuan. Donaldson menambah panjang daftar itu dengan menjadi asisten pelatih perempuan ke-10.

Di sisi lain, dengan naiknya Donaldson, Eric Khoury—yang sebelumnya pindah dari tim analis ke jajaran pelatih—akan pindah ke Raptors 905 di G League. Menurut laporan Blake Murphy (The Athletic), sang pelatih hendak mengambil peran yang lebih besar sebagai asisten pelatih di liga minor NBA. Donaldson ada untuk menggantikannya.

Donaldson sendiri turut mengambil andil dalam keberhasilan Raptors musim lalu. Nurse tahu kinerjanya. Begitu pun President of Basketball Operations Masai Ujiri. Mereka melakukan perubahan setelah memantaunya.

Bagi Raptors, perubahan itu merupakan sebuah langkah untuk membenahi skuatnya. Apalagi mereka akan memiliki susunan pemain yang berbeda musim depan. Kawhi Leonard, yang mengantarkan Raptors ke podium juara, misalnya, tidak lagi bersama mereka. Oleh karena itu, tim asal Toronto tersebut membutuhkan penanganan kepada pemain-pemain yang ada sekarang.

Foto: Dok. Brittni Donaldson via Twitter (@brittni_d)

Komentar