IBL

National Basketball Association (NBA) terus melebarkan sayap mereka ke daratan Asia. Setelah sudah secara rutin menggelar laga pramusim di Cina dan membuka kemungkinan untuk menggelar laga serupa di India, NBA menambahkan satu lagi negara Asia ke dalam daftar mereka. Melalui rilis resmi NBA, Senin, 4 Maret 2019, waktu setempat, negara terbaru dan yang pasti ditambahkan adalah Jepang.

Laga pramusim tersebut disponsori oleh rekanan kerja NBA, perusahaan asal Jepang, Rakuten Inc.. Nantinya, akan ada dua laga pramusim yang mempertemukan dua tim. Laga akan digelar pada Selasa, 8 Oktober 2019 dan Jumat, 10 Oktober 2019, waktu setempat. Dua tim yang akan bertarung adalah Houston Rockets melawan Toronto Raptors. Sementara stadion yang akan digunakan adalah Saitama Super Arena, Saitama, Jepang.

“Membawa laga NBA pramusim ke Jepang diharapkan dapat membantu pertumbuhan olahraga basket di salah satu negara yang sedang mengembangkan sektor olahraga mereka dan memiliki perumbuhan ekonomi terbesar di dunia,” ungkap Adam Silver, komisioner NBA dilansir rilis resmi tersebut. “Melihat kembali sejarah panjang kami (NBA) dengan Jepang. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Mickey (CEO Rakuten) dan timnya untuk menyediakan pengalaman langsung melihat pertandingan NBA dan menumbuhkan basis penggemar di sini,” tutupnya.

Seperti yang sudah disinggung oleh Silver, NBA dan Jepang memang sebenarnya sudah memiliki sejarah panjang. Laga antara Rockets dan Raptors nanti akan menjadi laga ke 13 dan 14 tim NBA di Jepang. Mundur ke millenium sebelumnya, di antara 1990-2003, NBA telah menggelar 12 laga di Jepang. Bahkan, seluruh laga tersebut adalah laga resmi, bukan ajang eksebisi seperti pramusim ini.

Laga antara Phoenix Suns melawan Utah Jazz yang digelar di Tokyo, 2 November 1990, lalu adalah gim NBA pertama di Jepang. Lebih hebat lagi, gim tersebut adalah gim musim reguler pertama di seluruh olahraga Amerika Serikat yang digelar di luar Wilayah Amerika Utara. Sementara untuk Rockets sendiri, mereka pernah memainkan dua laga pembuka musim reguler 1992-1993. Bedanya, dua gim tersebut digelar di Yokohama.

Rakuten sendiri nantinya akan mendistribusikan pertandingan ini secara langsung dan meneybar ke 200 negara lainnya melalu televisi, digital, hingga media sosial. Sebagai tambahan dalam permainan, NBA dan Rakuten akan mengadakan aktifitas interaktif antara penggemar dan pemain. Selainitu, NBA Cares juga akan masuk dalam rangkaian acara tersebut. (DRMK)

Foto: NBA, Rakuten

 

 

Komentar