IBL

Gelaran Piala Dunia FIBA 2019 Cina sudah di depan mata. Deretan 32 negara peserta juga sudah semakin mendekati persiapan akhir mereka. Beberapa di antaranya bahkan sudah mendarat di Cina dan sisanya sudah semakin merapat dengan menempatkan diri di negara-negara dekat Cina.

Persiapan semakin kentara dengan pengumuman demi pengumuman daftar pemain final yang akan bermain di Piala Dunia FIBA 2019 ini. Amerika Serikat yang menjadi negara paling disorot telah mengumumkan skuat mereka dengan meninggalkan Kyle Kuzma yang cedera. Lalu, negara-negara kuat lainnya seperti Spanyol, Argentina, dan Australia juga sudah memastikan hal serupa.

Negara terbaru yang mengumumkan skuat final mereka adalah satu-satunya wakil Asia Tenggara, Filipina. Pengumuman ini dapat dilihat di situs dan media sosial resmi Piala Dunia FIBA 2019. Menariknya, dari 12 nama yang didaftarkan, nama pemain Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, tidak terlihat.

Ya, Filipina memutuskan menggunakan slot satu pemain naturalisasi yang bisa bermain untuk mantan pemain NBA, Andray Blatche. Keputusan ini tak bisa dibilang sepenuhnya mengejutkan, tapi di sisi lain cukup berani. Tak mengejutkan lantaran Blatche adalah pemain naturalisasi yang sudah lama bermain untuk Filipina. Sementara Clarkson sendiri baru bermain di gelaran Asian Games 2018 di Jakarta lalu.

Namun, keputusan ini bisa dibilang berani mengingat Blatche sudah jauh dari masa keemasannya. Meski masih cukup dominan saat bermain di kawasan Asia, kondisi fisik dan kebugaran Blatche sudah jauh dari pertama kali ia memutuskan bermain untuk Filipina. Berbeda dengan Clarkson yang masih dalam usia emas dan kondisi fisik mumpuni.

Sepertinya, Filipina memang berupaya memaksimalkan deretan pemain senior mereka di Piala Dunia FIBA 2019. Pasalnya, dari 12 nama yang didaftarkan, separuh di antaranya berusia 30 tahun atau lebih. Gabe Norwood (34 tahun) adalah pemain tertua mereka sementara Robert Bolick adalah pemain termuda dengan usia 23 tahun. Secara rata-rata, usia para pemain Filipina adalah 29 tahun.

Filipina menempati grup D bersama Angola, Italia, dan Serbia. Menariknya, rataan usia pemain Filipina bukanlah yang tertua. Angola menjadi negara dengan rataan usia pemain tertua di grup ini dengan 31 tahun. Italia memiliki rataan usia pemain yang sama dengan Filipina sementara Serbia satu tahun lebih muda dari kedua tim tersebut. (DRMK)

Foto: Hariyanto

 

Komentar