IBL

Joe Ingles terkenal sebagai salah satu penembak jitu di NBA. Namun, di luar itu, forwarda Utah Jazz tersebut ternyata seorang aktivis. Ingles menaruh perhatian pada masalah kesadaran akan autisme.

Ingles sendiri memiliki seorang anak berusia tiga tahun bernama Jacob. Kebetulan anak itu mengidap autisme. Sehingga Ingles peduli pada masalah kesadaran akan austisme tadi.

Jacob seringkali dikelilingi oleh lingkungan yang parau. Sebab, kedua orang tuanya memang bekerja di tempat yang ramai dan bising. Apalagi Ingles merupakan pemain bola basket NBA. Pertandingan liga tersohor sedunia itu pada umumnya selalu berisik.

Oleh karena itu, Ingles dan Jazz bekerja sama untuk menciptakan sebuah ruang khusus. Ruang itu disebut sensory room. Dengan ruangan itu, anak-anak seperti Jacob bisa menonton pertandingan dengan tenang.

Jazz telah membangun satu ruangan seperti itu di Vivint Smart Home Arena. Marvel Stadium, tempat pertandingan uji coba tim nasional Australia versus Amerika Serikat beberapa waktu lalu, juga memiliknya. Ingles mengaku bangga dengan adanya ruangan itu.

“Itu adalah prestasi yang sangat keren. Kami tidak pernah berpikir akan benar-benar mendapatkannya. Saya pikir hal-hal seperti itu ada untuk membantu orang lain,” kata Ingles per The Athletic.

Ingles hingga kini terus aktif dalam komunitas. Ia ingin membawa pengalaman menonton pertandingan kepada semua orang. Salah satunya dengan wacana sensory room yang membuat para pengidap autisme bisa menikmati pertandingan dengan nyaman. (put)

Foto: NBA

Komentar