IBL

Zach Collins tidak berleha-leha meski NBA sedang libur. Ia terus membenahi diri dengan melatih fisiknya di musim panas 2019 ini. Senter-forwarda Portland Trail Blazers itu bahkan menambah berat badan hingga 20 pon (sekitar 9 kilogram) sambil terus memperkuat ototnya.

Collins menambah massa otot agar bisa lebih kompetitif pada 2019-2020. Selama ini, ia merasa kesulitan ketika bersaing dengan pemain yang lebih kuat di posisinya. Kebetulan Collins bermain sebagai forwarda atau senter yang sering berkutat dalam perebutan bola pantul.

Selain membenahi fisik, Collins juga tengah memulihkan diri dari cedera engkelnya. Tim medis telah mengizinkannya untuk berlatih sejak minggu lalu. Namun, saat itu ia masih belum boleh berlatih dengan kontak. Collins baru diizikan untuk berlatih dengan kontak pada Senin, 19 Agustus 2019 lalu.

“Masih dalam penyembuhan,” kata Collins tentang engkelnya per The Athletic. “Saya merasa sangat percaya diri, tetapi masih lemah. Saya berlatih dengan kontak lagi hari ini (Selasa) dan masih belum cepat maupun eksplosif, tetapi saya terus melatihnya. Ini akan membutuhkan sedikit waktu.”

Seperti kata Collins, cedera itu memang membutuhkan waktu untuk sembuh. Apalagi ia juga menambah massa ototnya hingga 20 pon. Itu berarti kakinya akan menerima beban lebih dari sebelumnya. Ia merasa harus terus memperkuat penopangnya.

Kendati mengalami sedikit kesulitan, Collins merasa perkembangannya bagus sejauh ini. Dari hari ke hari, semuanya terasa lebih baik. Ia siap untuk naik ke tingkat latihan berikutnya.

“Hari pertama, saya latihan dan merasa tidak terlalu baik,” kata Collins. “Lalu hari berikutnya, saya merasa lebih baik. Keesokan harinya, bahkan lebih baik. Pada hari keempat, saya sudah turun dan siap untuk berlatih lebih. Jadi, saya merasa membaik di segala aspek. Secara ofensif, saya merasa bisa melakukan lompatan yang cukup bagus.”

Dengan perkembangan Collins, Blazers berharap pemainnya bisa melantai dalam kondisi fit secepatnya. Apalagi mengingat perannya yang cukup penting di unit kedua tim. Pada 2018-2019, misalnya, Collins mampu tampil sebanyak 77 kali di musim reguler sebagai pemain pelapis. Ia mencetak rata-rata 6,6 poin dan 4,2 rebound.

Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 47,3 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan 52,3 persen. Sementara true shooting percentage 56,2 persen.

Blazers musim depan juga tidak akan diperkuat Enes Kanter dan Meyers Leonard. Itu artinya, Collins bisa saja mendapatkan menit bermain yang lebih banyak. Oleh karena itu, ia pun harus siap—setidaknya—secara fisik.

Persiapan Collins untuk sementara ini meliputi fisik. Ia menambah massa otot sekaligus memperkuat kakinya pascacedera. Setelah itu, barulah ia bisa melatih aspek lain yang penting untuk perkembangannya. (put)

Foto: NBA

Komentar