IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta akan melewati beberapa agenda di jeda musim. Salah satunya dengan mengikuti Elang Cup 2019 di Medan pada 7—13 Agustus mendatang. Sayangnya, Satria Muda tidak akan tampil dengan skuat lengkap. Sebab, beberapa pemain mereka mengalami cedera.

Arki Dikania Wisnu dan Muhammad Rizal Falconi, misalnya, baru saja naik meja operasi pada Rabu lalu. Mereka punya masalah masing-masing pada kakinya. Arki memutuskan operasi menyusul tulang tumbuh yang mengganggu. Sementara Rizal segera operasi karena meniskusnya terluka.

Menurut Kepala Pelatih Youbel Sondak, Arki memang bermasalah dengan kakinya sejak lama. Namun, baru dioperasi tahun ini. Kebetulan liga juga belum jelas akan dimulai kapan. Mereka memanfaatkan itu untuk memperbaiki Arki.

Rizal, di sisi lain, mengalami cedera ketika mengikuti kegiatan tim nasional Indonesia. Saat itu, timnas sedang dalam tahap seleksi. Rizal awalnya mengaku mengalami cedera engkel kaki kiri. Begitu engkelnya sembuh, ternyata lututnya terasa bermasalah.

Arki dan Rizal kini mesti menepi untuk beberapa waktu. Mungkin sampai berbulan-bulan. Oleh karena itu, mereka tidak bisa mengikuti semua agenda Satria Muda, termasuk Elang Cup.

Selain kedua pemain di atas, sebenarnya beberapa pemain Satria Muda juga ada yang mengalami cedera. Namun, mereka tidak membutuhkan operasi. Sehingga hanya membutuhkan pemulihan dan penguatan.

Di tengah badai cedera itu, Youbel memutuskan untuk memaksimalkan pemain yang ada. Apalagi beberapa pemain juga dipanggil timnas. Sehingga mereka tidak bisa membela Satria Muda. Kebetulan timnas juga mengikuti turnamen yang sama di Medan.

Dengan demikian, Youbel akan berusaha menyiapkan timnya sebaik mungkin. Ia memang tidak punya target juara di Medan, tetapi Satria Muda ingin banyak memberi kesempatan kepada pemain muda. Mereka hendak mengasah kemampuan dan pengalaman pemain-pemain yang sebelumnya tidak cukup banyak mendapat kesempatan.

Di samping pemain-pemain lokal, Satria Muda juga akan merekrut dua pemain asing. Mereka akan memilih pemain sesuai kriteria IBL. Satria Muda melakukan itu agar timnya juga siap menghadapi IBL musim depan.

IBL sendiri hingga saat ini masih belum jelas. Timnas Indonesia akan menghadapi beberapa agenda besar seperti Kualifikasi Piala Asia 2021 dan SEA Games 2019. IBL bisa saja menarik kompetisi ke Januari tahun depan supaya tidak berbenturan dengan itu. (put)

Foto: Hariyanto

Komentar