IBL

Amerika Serikat berusaha mempersiapkan diri menjelang Piala Dunia 2019. Mereka memanggil pemain untuk mengikuti kamp latihan pada musim panas ini. Amerika Serikat juga memanggil 13 nama untuk masuk ke dalam Select Team.

Menurut Manajer Jerry Colangelo, Select Team akan membantu Amerika menyiapkan skuatnya untuk Piala Dunia. Para pemain Select Team berkesempatan merasakan program timnas Amerika Serikat. Sebab, mereka akan ikut berlatih bersama tim utama selama kamp.

“Tiga belas pemain ini membantu memperpanjang warisan pemain elit yang telah menjadi bagian dari Select Team bola basket Amerika Serikat,” kata Colangelo seperti dikutip situs resmi timnas. “Kelompok ini tidak hanya akan membantu mempersiapkan Amerika Serikat untuk Piala Dunia, tetapi juga memberi mereka pengalaman berharga di tingkat nasional.”

Colangelo sejauh ini telah memanggil 13 nama dari NBA. Mereka adalah Trae Young, Mikal Bridges, Jarrett Allen, Marvin Bagley III, Jalen Brunson, John Collins, Pat Connaughton, De’Aaron Fox, Joe Harris, Jonathan Isaac, Mitchell Robinson, Landry Shamet, dan Derrick White. Pemain-pemain itu rata-rata adalah pemain muda. Hanya Connaughton dan Joe Harris yang bermain di NBA selama 4-5 tahun.

Young, garda Atlanta Hawks, pun merasa senang ketika mendapat panggilan dari timnas. Ia jadi berkesempatan untuk merasakan program Amerika Serikat. Itu baik untuk kariernya. Sebab, setelah ini, mungkin ia yang akan mengambil tonggak kepemimpinan.

Bridges, pemain tahun kedua Phoenix Suns, merasakan hal yang sama. Ia bahkan merasa terhormat bisa diundang mengikuti kegiatan timnas. Briges akan memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya.

“Saya bersyukur. Saya selalu bermimpi bisa sampai ke sini sejak kecil. Sekarang kesempatan itu ada di depan mata,” kata Bridges seperti dikutip NBA.com.

Selain pemain di atas, Colangelo juga menugaskan Jeff Van Gundy sebagai kepala pelatih Select Team. Sementara itu, Kepala Pelatih Gonzaga University Mark Few terpilih sebagai asisten pelatih untuk mendampinginya. Sebab, kedua pelatih tersebut memiliki pengalaman dengan timnas.

Van Gundy berjasa mengantarkan Amerika Serikat ke Piala Dunia saat babak kualifikasi. Ia juga membuat timnas mendapatkan medali emas pada ajang AmeriCup 2017. Few, di sisi lain, merupakan kepala pelatih timnas di Pan American Games 2015.

Select Team akan segera mengikuti kegiatan begitu kamp latihan dibuka. Untuk sementara ini, timnas Amerika Serikat masih sibuk mengundang pemain. Sebab, beberapa pemain dari 20 pemain terpanggil bulan lalu mengundurkan diri. Amerika Serikat masih mencari penggantinya agar tim seleksi bisa pas 20 orang. (put)

Foto: NBA

Komentar