IBL

Tim nasional Amerika Serikat hendak mempertahankan gelar juara Piala Dunia. Namun, mereka harus mengalami suatu masalah. Pemain-pemain undangan untuk kamp latihan Piala Dunia 2019 mengundurkan diri satu per satu. Akibatnya, Amerika Serikat terus merombak skuatnya menjelang kamp pada musim panas ini.

Selama dua minggu terakhir, Amerika Serikat setidaknya sudah kehilangan 9 dari total 20 pemain yang diundang mengikuti kamp. Mereka kemudian memanggil enam pemain lain untuk menggantikan mereka. Salah satunya Montrezl Harrell.

Kendati demikian, menurut laporan Sham Charania (The Athletic), senter-forwarda Los Angeles Clippers itu menolak undangan timnas. Harrell sangat mengapresiasi hal tersebut, tetapi jadwal memang tidak memungkinkan. Sebab, ia hendak menyiapkan diri untuk melakoni NBA 2019-2020 bersama klubnya. Ia tidak bisa menghabiskan waktu untuk membela negara.

Selain Harrell, lima pemain lain memiliki keputusan berbeda. Mereka setuju untuk mengikuti kamp demi Piala Dunia di Cina pada September nanti. Lima pemain itu, di antaranya: Marcus Smart (Boston Celtics), Jaylen Brown (Boston Celtics), Mason Plumlee (Denver Nuggets), Julius Randle (New York Knicks), dan Thaddeus Young (Chicago Bulls). Kelimanya kebetulan berpengalaman mengikuti kegiatan timnas.

Pada 2019 ini, Manajer Jerry Colangelo berusaha mencampur bakat-bakat muda dengan veteran. Ia ingin menciptakan kedalaman skuat yang melibatkan berbagai generasi. Colangelo pun menambahkan pemain yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga cukup muda untuk Piala Dunia.

“Keenam pemain yang kami tambahkan hari ini luar biasa dengan cara mereka sendiri,” kata Colangelo seperti dikutip situs resmi timnas. “Dan bersama pemain lain yang akan mengikuti kamp latihan tim Piala Dunia, akan membuat Kepala Pelatih Popovich dan stafnya memiliki pemain atletis dengan fleksibilitas yang luar biasa.”

Dengan tambahan pemain-pemain di atas, Amerika Serikat akan meracik tim yang hebat. Apalagi mengingat target mereka yang hendak mempertahankan gelar tiga kali beruntun di Piala Dunia. Colangelo percaya pemain-pemain yang ada saat ini tetap memiliki jiwa saing yang besar dari sebelumnya.

Keseriusan Amerika Serikat dalam meraih gelar lainnya juga terlihat dari upaya mereka. Selain 18 pemain di tim utama, Colangelo membentuk Select Team sebagai lawan latih tanding. Tim itu melibatkan pemain-pemain muda NBA. Mereka pada umumnya merupakan pemain tahun pertama dan kedua. Hanya Pat Connaughton dan Joe Harris yang sudah bermain di liga selama 4-5 musim.

Nantinya, Select Team akan mengikuti program latihan yang sama seperti tim utama. Colangelo menunjuk Jeff Van Gundy sebagai kepala pelatih mereka. Van Gundy kebetulan berpengalaman mengantarkan Amerika Serikat ke Piala Dunia tahun ini setelah melewati babak kualifikasi.

Kamp latihan itu sendiri akan berlangsung pada Agustus mendatang. Salah satu programnya mempertandingan USA Blue versus USA White di T-Mobile Arena, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 9 Agustus 2019. Timnas kemudian akan istirahat sebentar sampai kumpul kembali di Los Angeles, California, Amerika Serikat pada 13—15 Agustus. Setelah itu, mereka harus melanjutkan kegiatan dengan berbagai latihan dan uji coba melawan negara lain. (put)

Daftar Pemain

Amerika Serikat

Jaylen Brown (Boston Celtics), Mason Plumlee (Denver Nuggets), Julius Randle (New York Knicks), Marcus Smart (Boston Celtics), Thaddeus Young (Chicago Bulls), Harrison Barnes (Sacramento Kings), Andre Drummond (Detroit Pistons), Kyle Kuzma (Los Angeles Lakers), Brook Lopez (Milwaukee Bucks), Kyle Lowry (Toronto Raptors), Khris Middleton (Milwaukee Bucks), Donovan Mitchell (Utah Jazz), Jayson Tatum (Boston Celtics), P.J. Tucker (Houston Rockets), Myles Turner (Indiana Pacers), Kemba Walker (Boston Celtics)

Select Team

Jarrett Allen (Brooklyn Nets), Marvin Bagley III (Sacramento Kings), Mikal Bridges (Phoenix Suns), Jalen Brunson (Dallas Mavericks), John Collins (Atlanta Hawks), Pat Connaughton (Milwaukee Bucks), De’Aaron Fox (Sacramento Kings), Joe Harris (Brooklyn Nets), Jonathan Isaac (Orlando Magic), Mitchell Robinson (New York Knicks), Landry Shamet (Los Angeles Clippers), Derrick White (San Antonio Spurs), and Trae Young (Atlanta Hawks).

Foto: USAB

Komentar