TIMNAS

Tim Nasional Basket Indonesia akan menaturalisasi Denzel Bowles. Pemain berusia 30 tahun tersebut akan datang ke Indonesia pada bulan September 2019 mendatang. Bowles terakhir bermain bersama Rain or Shine Painters pada PBA Commissioner's Cup 2019 lalu.

Rencana naturalisasi Denzel Bowles disampaikan oleh Manajer Timnas Indonesia, Fareza Tamrella, Kamis 25 Juli 2019. Ia menyampaikan bahwa Bowles merupakan pemain yang diusulkan oleh Kepala Pelatih Rajko Toroman.

"Kami berencana menaturalisasi Denzel Bowles. Namanya direkomendasikan oleh Rajko Toroman," kata Fareza, Kamis 25 Juli 2019.

Fareza mengaku pihak Timnas Indonesia sudah melakukan pembicaraan dengan Bowles. Pemain tersebut juga sudah menyatakan bersedia menjadi warga negara Indonesia.

"Soal kesediaan, pemain tersebut sudah bersedia. Sudah ada kesepatakan dengan Denzel (Bowles) untuk proses naturalisasi. Saat ini, kami sedang mengurus dokumen pemain tersebut," imbuhnya.

Bowles adalah pemain kelahiran Virginia, Amerika Serikat pada 1 Mei 1989. Ia pernah menjadi bagian dari tim basket James Madison Dukes, milik Universitas James Madison, Virginia, pada 2009 hingga 2011. Setelah tidak terpilih dalam Draft NBA 2011, ia langsung terbang ke Lithuania. Tim profesional pertamanya adalah BC Siauliai yang tampil di Liga Basket Lithuania. Pada musim pertamanya, ia mencetak 12,6 poin dan 6,4 rebound dalam 12 pertandingan.

Pemain setinggi 2,08 meter itu pernah membawa B-Meg Llamados menjuarai PBA Commissioner's Cup 2012, serta terpilih sebagai pemain asing terbaik. Pada PBA Commissioner's Cup 2013, ia membela San Mig Coffee Mixers.

Setelah berpetualang ke berbagai negara, Bowles pun kembali ke Filipina pada tahun 2019. Kali ini ia menjadi pemain asing Rain or Shine Elasto Painters untuk PBA Commissioner's Cup 2019. Bowles bermain sembilan pertandingan dengan rataan statistik 28,9 poin, 11,8 rebound, dan 4,3 asis. Saat Bowles bermain, Rain or Shine mencetak rekor kemenangan 4-5. Kemudian pada 6 Juli 2019, Bowles digantikan oleh Carl Montgomery.

Saat ini Bowles ada di Amerika Serikat. Ia akan mendarat ke Indonesia pada bulan September mendatang. (tor)

Foto: pba.ph

Komentar