IBL

Menjadi penggemar New York Knicks belakangan ini bukanlah hal mudah. Prestasi tim yang stagnan, pemain muda yang terus berpindah dan pemilik tim yang seolah mati segan hidup tak mau membuat perasaan penggemar Knicks terus naik-turun sepanjang waktu. Dalam waktu dekat saja, mereka sempat bergairah tinggi dengan potensi kedatangan Kevin Durant dan Kyrie Irving. Namun, gairah tersebut harus patah setelah keduanya pergi dan digantikan sederet pemain seperti  Bobby Portis dan Elfrid Payton.

Tak terlalu jauh berbeda dari Knicks, penggemar Los Angeles Lakers juga demikian. Selepas cedera achilles yang memaksa Kobe Bryant mengalami penurunan permainan, Lakers praktis tak lagi berprestasi. Musim lalu, harapan sempat naik dengan kedatangan LeBron James. Namun sekalig lagi, cedera membuat Lakers gagal berbicara banyak.

Namun, ada satu kesamaan yang dimiliki Knicks dan Lakers yang bisa dibanggakan oleh para penggemar mereka. Dalam daftar 50 tim olahraga paling mahal di dunia yang dirilis oleh Forbes, dua tim ini menjadi yang tertinggi di antara tim NBA lainnya. Total ada tiga tim NBA yang masuk dalam 10 besar daftar ini. Satu lainnya adalah Golden State Warriors.

Pun begitu, ketiga tim ini bukanlah tim yang paling mahal. Daftar tersebut dipuncaki tim sepak bola Amerika yang berlaga di National Football League (NFL), Dallas Cowboys. Laporan tersebut menyebutkan bahwa Cowboys berharga AS$ 5 miliar. Tim yang dimiliki oleh Jerry Jones tersebut mengalami peningkatan nilai sekitar empat persen.

Peringkat dua ditempati oleh tim asal Amerika Serikat lainnya yang berlaga di Major League Baseball (MLB), New York Yankees. Yankees mengalami peningkatan nilai 15 persen dari tahun lalu dan kini bernilai AS$4,6 miliar.

Dua tim sepak bola asal Spanyol, Real Madrid dan Barcelona menempati peringkat tiga dan empat. Real Madrid bernilai AS$4,24 miliar sementara Barcelona AS$4,02 miliar. Secara perbandingan dengan tahun lalu, Madrid mengalami peningkatan empat persen. Sementara Barcelona malah mengalami penurunan senilai minus satu persen dari tahun lalu.

Knicks menempati peringkat lima dengan nilai AS$4 miliar. Knicks menjadi satu-satunya tim NBA yang menyentuh nominal AS$4 miliar tersebut. Menariknya, di tengah penurunan prestasi, harga Knicks tersebut meningkat sebesar 11 persen dari tahun lalu.

Lakers dan Warriors sendiri menempati peringkat delapan dan sembilan. Di atas keduanya, ada tim sepak bola asal Inggris, Manchester United dan tim NFL lainnya, New England Patriots. Secara harga, Lakers mengalami peningkatan sekitar 12 persen dinilai AS$3,7 miliar. Sementara Warriors meningkat 13 persen dengan sekarang bernilai AS$3,5 miliar.

Menutup daftar ini, ada tiga tim yang layak menempati 10 besar karena nilai mereka sama. Dua tim asal Amerika Serikat, New York Giants (NFL), dan Los Angeles Dodgers (MLB) menempati posisi ini dengan nilai AS3,3 juta.

Secara keseluruhan dalam daftar 50 tim ini, ada delapan tim NBA yang masuk. Chicago Bulls (19), Boston Celtics (22), Brooklyn Nets (37), Houston Rockets (38), Dallas Mavericks (43), dan Los Angeles Clippers (44). Fakta adanya sembilan tim yang masuk daftar ini adalah peningkatan drastis bagi NBA.

Pada 2012, Lakers adalah tim paling berharga di NBA dengan nilai mencapai AS$900 juta. Satu-satunya tim NBA lainnya yang masuk di 50 besar pada 2012 adalah New York Knicks. Di sisi lain, sejak 2014, setiap tim yang mendapatkan pemilik baru (Nets, Rockets, Clippers) terbeli diharga lebih dari AS$2 miliar. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar