IBL

Amerika Serikat berusaha untuk mempertahankan gelar di Piala Dunia 2019. Namun, mereka mesti menghadapi satu masalah: Para pemainnya mengundurkan diri satu per satu. Mereka ingin tetap di rumah, dekat dengan timnya, untuk mempersiapkan diri menghadapi NBA 2019-2020.

Damian Lillard, misalnya, ikut mengundurkan diri setelah C.J. McCollum, rekan setimnya di Portland Trail Blazers, melakukan itu. Mereka memutuskan tidak akan mengikuti kamp latihan pada musim panas ini. Bahkan Piala Dunia di Cina pada September nanti.

Keputusan Lillard itu sekaligus menyusul keputusan beberapa pemain yang sudah lebih dulu mundur. Sebab, selain McCollum, ada setidaknya lima pemain yang mengundurkan diri dari daftar 20 pemain terpanggil bulan lalu. Zion Williamson, ruki New Orleans Pelicans, yang dipanggil belakangan bahkan ikut melakukan itu.

Pada umumnya, seperti di tulis di muka, para pemain mengundurkan diri karena klubnya. Mereka hendak bersiap-siap agar tim bisa berbenah. Apalagi mengingat potensi persaingan pada 2019-2020. Lillard dan Blazers yang berada di Wilayah Barat bahkan mesti menghadapi persaingan yang sangat ketat. Sebab, klub-klub di wilayah itu mulai membentuk tim dengan taburan pemain bintang.

Kendati demikian, Amerika Serikat juga masih memiliki pemain-pemain yang berkomitmen. Salah satunya adalah Donovan Mitchell. Garda Utah Jazz itu tetap akan mengikuti kamp latihan bahkan Piala Dunia seandainya masuk roster.

Mitchell sendiri baru pertama kali ini diundang mengikuti kamp latihan. Penampilannya selama dua musim di NBA membuat timnas meliriknya. Mitchell kini berusaha memanfaatkan undangan tersebut untuk masuk ke roster Piala Dunia.

Piala Dunia sendiri berlangsung pada 15 September mendatang. Cina akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan antarnegara tersebut. Amerika Serikat menjadi peserta dengan gelar juara bertahan. (put)

Foto: NBA

Komentar