IBL

NBA Summer League kembali membawa berkah untuk deretan pemain muda NBA. Setelah Carsen Edwards mendapatkan kontrak dari Boston Celtics, kini giliran Minnesota Timberwolves memberi hadiah untuk pemain Summer League mereka, Naz Reid.

Dikabarkan oleh The Athletic, Naz yang tampil gemilang di Summer League mendaptakan kontrak jangka panjang selama empat musim bernilai AS$6,1 juta. Namun, dari kontrak empat musim tersebut, hanya satu musim yang memiliki garansi. Kontrak ini sendiri sebenarnya adalah peningkatan kontrak bagi Naz. Setelah tak terpilih (undrafted) di NBA Draft 2019, Naz diberi kontrak two-way oleh Timberwolves tepat sebelum Summer League dimulai.

Dalam tujuh gim Summer League, pemain berusia 19 tahun ini mengemas rataan 11.9 poin, 5,4 rebound, 2,0 asis, dan 0,7 blok per gim. Padahal, rata-rata ia hanya turun bermain selama 18,6 menit per gim. Jika dikonversi menjadi per 36 minutes rating, rataan Naz berada di angka 23 poin, 10 rebound, 4,0 asis, dan 1,0 blok per gim.

Tak hanya kondisi tubub yang kuat, kukuh, dan besar, Naz juga menunjukkan kemampuan menembak dari jarak jauh. Hal seperti itu sudah ia tampilkan sejak masih bermain di NCAA bagi Louisiana State University (LSU). Dalam 34 gim di satu-satunya musim yang ia mainkan bersama LSU, Naz memiliki rataan akurasi 33 persen dari 2,5 percobaan per gim.

Naz tentu diharapkan mampu menjadi pelapis yang memadai untuk Karl-Anthony Towns. Bahkan, jika Naz bisa berkembang lebih baik hingga mendekati Towns, bukan tidak mungkin ia dan Towns bisa turun bersama sebagai barisan utama (starter) Timberwolves. Membayangkan Naz dan Towns turun dalam waktu yang sama akan benar-benar seru untuk dinantikan.

Di sisi lain, memberi kontrak jangka panjang untuk pemain muda ini semakin menegaskan tekad Timberwolves untuk membangun ulang (rebuild) berlandaskan pemain-pemain usia muda. Dari 15 pemain yang sudah dalam kontrak untuk musim 2019-2020, hanya ada empat pemain yang berusia di atas 25 tahun dan hanya satu di antaranya yang lebih dari 30 tahun (Jeff Teague). (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar