IBL

Minnesota Timberwolves tampil mengesankan di gelara NBA Summer League 2019. Salah satu pemain yang tampil memukau adalah pemain tahun kedua, Josh Okogie. Bersama deretan pemain seperti Keita Bates-Diop dan Naz Reid, Timberwolves berhasil melaju ke final sebelum kalah atas Memphis Grizzlies.

Setelah membawa Timberwolves melaju jauh, Okogie sepertinya belum ingin selesai bermain di musim panas ini. Dikabarkan KSTP.com, pemain berusia 20 tahun ini sedang membuka kemungkinan untuk bermain di Piala Dunia FIBA 2019. Tidak untuk Amerika Serikat, Okogie tertarik untuk membela negara kelahirannya, Nigeria.

Namun, rencana ini masih butuh lebih banyak usaha untuk diwujudkan. Pasalnya, Okogie tercatat pernah membela tim nasional (timnas) Amerika Serikat di gelaran U-17. FIBA biasanya akan melakukan verifikasi yang memakan waktu lama untuk memastikan bahwa Okogie tidak pernah membela Amerika Serikat di ajang selain itu dan diperbolehkan membela Nigeria.

Musim lalu, Okogie tampil cukup melebihi ekspketasi sebagai pilihan ke-20 NBA Draft 2018. Dalam 74 gim, Okogie mengemas 7,7 poin, 3,0 rebound, dan 1,2 asis per gim. Meski tidak cukup akurat dari jarak jauh, atletisme tinggi dan eksplosifitas Okogie bisa menjadi senjata untuknya bertahan dalam waktu yang lama di NBA.

Jika nantinya Okogie bisa tampil untuk Nigeria, maka ini akan menjadi tambahan yang cukup berarti untuk negara yang identik dengan warna hijau tersebut. Selain Okogie, Nigeria juga sudah memiliki satu pemain yang aktif bermain di NBA dalam diri Al-Farouq Aminu. Aminu bahkan sudah berlaga untuk Nigeria sejak Olimpiade 2012 London.

Selain dua nama di atas, Nigeria sebenarnya memiliki banyak darah keturunan di NBA. MVP NBA 2019, Giannis Antetokounmpo yang membela Yunani juga memiliki darah Nigeria. Dua juara NBA, Hakeem Olajuwon dan Festis Ezeli juga memiliki kondisi serupa dengan Giannis. Mereka berdarah Nigeria tapi tidak sekalipun membela tim nasional Nigeria sendiri. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar