IBL

Toronto Raptors kembali kehilangan bagian penting dalam gelar juara mereka. Menariknya, kehilangan terbaru ini kembali melibatkan kota Los Angeles. Setelah Kawhi Leonard ke Clippers dan Danny Green ke Lakers, kali ini asisten pelatih Nick Nurse, Phil Handy juga menyebrang ke Los Angeles. Bukan menyusul Kawhi, berdasarkan laporan Yahoo Sports ia memilih bereuni dengan LeBron James di Lakers.

Ya, LeBron dan Phil sempat menjadi bagian dalam satu tim yang sama saat di Cleveland Cavaliers. Keduanya juga menjadi bagian penting kala Cavaliers menjadi juara NBA 2016. Gelar tersebut menjadi gelar pertama Phil yang lantas disusul dengan gelar kedua di musim ini.

Menambahkan Phil ke dalam jajaran tim pelatih menunjukkan keseriusan Lakers untuk melangkah jauh di musim 2019-2020. Sebagai informasi, Phil selalu berhasil membantu timnya lolos ke final dalam lima musim beruntun. Empat musim pertama bersama Cavaliers dan satu musim bersama Raptors. Menariknya lagi, Phil membawa hasil yang cukup instan mengingat musim lalu adalah musim perdananya melatih di Raptors.

Lakers sendiri bukan tempat baru bagi Phil. Bahkan, Lakers sebenarnya adalah tempat pertama semua perjalanan mengesankan Phil ini dimulai. Dalam kurun 2011—2013, Phil juga menjadi bagian dari tim pelatih Raptors. Namun, kala itu jabatannya adalah direktur pengembangan pemain, bukan asisten pelatih seperti sekarang.

Tak hanya di Amerika Serikat, Phil juga memiliki koneksi dengan Indonesia, lebih tepatnya dengan CLS Knights. Di bilangan September 2017, Phil pernah didatangkan oleh CLS Knights untuk memberi pelatihan kepada para pemain jelang mengikuti ASEAN Basketball League. Phil juga menjadi sosok utama yang menjadi penyebab bergabungnya James Clark sebagai tim pelatih dan Shane Edwards sebagai pemain. (DRMK)

Foto: Yoga Prakasita

 

Komentar