IBL

Toronto Raptors harus melawat ke kandang Los Angeles Lakers dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Meski bermain di hadapan penggemar lawan, Raptors tetap bisa menunjukkan kualitasnya sebagai tim papan atas dari Wilayah Timur dengan merengkuh kemenangan. Raptors menang 121-107 di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu 4 November 2018 waktu setempat.

Serge Ibaka mencetak poin terbanyak di pertandingan ini dengan 34 poin plus 10 rebound.  Kyle Lowry di belakangnya dengan dobel-dobel 21 poin dan 15 asis sementara dua starter lainnya, Pascal Siakam (16 poin, 13 rebound) dan Danny Green (15 poin), membantu memenangkan pertandingan. Pemain cadangan Delon Wright dan Jonas Valanciunas pun menambahkan masing-masing 11 dan 14 poin.

Di pihak Lakers, Kyle Kuzma mencetak 24 poin sementara LeBron James tertahan di angka 18. Brandon Ingram dan Lonzo Ball lalu menambahkan 16 dan 12 poin, tetapi perolehan itu tentu saja sulit untuk mengalahkan Raptors yang panas sejak awal.

Raptors memenangkan pertandingan karena menguasai permainan di kuarter satu. Mereka lekas panas meski tampil tanpa Kawhi Leonard. Sedikitnya mereka mencetak 42 poin sementara Lakers hanya 17. Ada rentang 25 poin yang membuat Raptors sulit dikejar Lakers.

Di kuarter itu, Serge Ibaka menjadi aktor yang mendominasi. Ia sudah mencetak 20 poin dengan memasukkan 8 dari 8 tembakan. Sementara itu, Lakers justru hanya memasukkan total 7 dari 21 tembakan di kuarter yang sama. Kehadiran LeBron James tidak juga mengubah apa pun.

Kendati begitu, James dkk. memperbaiki permainan mereka di kuarter selanjutnya. Mereka mencetak  lebih banyak angka (32-29) daripada tamunya, tetapi itu belum cukup membuat Lakers membalikkan keadaan. Raptors menjaga asa dengan memasukkan 54,7 persen tembakannya sehingga keunggulan tetap terjaga sampai paruh pertama. Padahal Lakers sudah berusaha meninggalkan lawannya dengan running point 11-2.

Klub asal Kanada itu memimpin 71-49.

Pertandingan berlanjut, Ibaka memecah rekor poin tertinggi selama karirnya dengan mengumpulkan 32 poin sampai di kuarter tiga. Ia bahkan memasukkan semua tembakannya (14 dari 14) sementara tripoin Lakers benar-benar mandul. Anak-anak asuh Kepala Pelatih Luke Walton itu tidak bisa memasukkan satu pun tripoin mereka. Untungnya, serangan-serangan menusuk ke arah ring berhasil dilakukan sehingga pertandingan menjadi ketat di kuarter itu. Namun, Raptors masih unggul 101-80.

Di kuarter akhir, Lakers kembali unggul perolehan poin (27-20). James menunjukkan kekuatannya di sana. Jonas Valanciunas, senter Raptors yang terkenal kuat, bahkan tidak bisa menggesernya di pos. Namun, pemain seperti Ibaka dan Kyle Lowry tetap sulit dihentikan.

Raptors pun menang 121-107.

Dengan demikian, Raptors kini memegang rekor 9 menang 1 kalah. Mereka akan menghadapi Utah Jazz besok. Sementara itu, Lakers (4-6) akan melawan Minnesota Timberwolves lagi lusa.

Foto: NBA

Komentar