IBL

Toronto Raptors mempertahankan “kesucian” mereka di lanjutan laga NBA. Berhadapan dengan Orlando Magic, Rabu, 5 Agustus 2020, waktu setempat, Raptors yang unggul sejak tepis mula tampil dominan dan menutup gim dengan kemenangan 109-99. Pertahanan solid Raptors jadi kunci dominasi mereka. Di paruh pertama, Raptors berhasil menahan Magic hanya mencetak 35 poin. Meski Magic berusaha bangkit di paruh kedua, selisih poin yang terlalu jauh membuat Raptors tampak tak terganggu.

Fred Vanvleet melanjutkan performa apik di gim selanjutnya dengan kembali jadi top skor gim. Selama 35 menit di lapangan, Fred mencetak 21 poin, 4 rebound, dan 10 asis. Ia memasukkan 8/13 tembakan (61 persen). Pascal Siakam menyusul dengan 15 poin dan 6 rebound, Marc Gasol 13 poin dan 6 rebound, sedangkan OG Anunoby 12 poin plus 5 rebound.

Dari bangku cadangan, Norman Powell menambahkan 14 poin sementara Serge Ibaka 11 poin dan 9 rebound. Meski tak menemukan akurasi tembakan yang apik, Kyle Lowry tetap memberi sumbangsih melalui 8 poin, 9 rebound, dan 10 asis.

Evan Fournier jadi pencetak poin terbanyak Magic dengan 15 poin. Nikola Vucevic mengikuti dengan 12 poin dan 9 rebound. Barisan cadangan memberi sumbangsih yang cukup bagus dengan Terrence Ross mencetak 15 poin, Wes Iwundu 11 poin, dan Gary Clark 10 poin plus 5 rebound. Aaron Gordon menambahkan 9 poin, 11 rebound, dan 5 asis. Sayangnya, Gordon harus meninggalkan lapangan lebih cepat.

Ia hanya bermain 20 menit dan terakhir kali terlihat di lapangan pada kuarter tiga. Gordon mengalami cedera tampaknya di area paha (hamstring). Saat akan melakukan dunk, Kyle Lowry berusaha menghadangnya dan membuat Gordon jatuh tidak dalam posisi terbaik. Ia masih bisa melakukan tembakan gratis tapi tak bisa berlari dengan nyaman dan akhirnya ditarik keluar dari gim.

Hasil ini membuat Raptors jadi tim kedua di Wilayah Timur yang belum kalah di tiga gim pertama mereka. Tim lainnya adalah Indiana Pacers. Secara keseluruhan, hanya ada tiga tim yang belum kalah di tiga gim pertama mereka. Wakil dari Wilayah Barat adalah Phoenix Suns. Raptors masih duduk di peringkat dua klasemen sementara Wilayah Timur dengan 49 kemenangan dan 18 kekalahan.

Sebaliknya bagi Magic, kekalahan ini membuat mereka batal mengunci satu tempat ke playoff dan kelihangan peringkat tujuh. Kini Magic di urutan delapan dengan selisih dua kemenangan dari Brooklyn Nets di peringkat tujuh.

Kedua tim akan kembali bermain lusa, waktu setempat. Raptors jumpa Celtics sedangkan Magic bertemu Philadelphia 76ers.

Thunder Tumbangkan Lakers

Di pertandingan sebelumnya, Los Angeles Lakers yang sudah mengunci peringkat pertama Wilayah Barat tampil tidak ngotot melawan Oklahoma City Thunder. Hal itu dimanfaatkan oleh Thunder untuk meraih kemenangan telak 105-86.

Seluruh pemain utama Thunder mencetak dua digit poin. Chris Paul jadi top skor dengan 21 poin, 7 rebound, dan 6 asis. Danilo Gallinari 19 poin dan 7 rebound, Steven Adams 18 poin dan 7 rebound, sedangkan Shai Gilgeous-Alexander 13 poin, 7 rebound, dan 5 asis. Luguentz Dort melengkapi daftar dengan 14 poin plus 4 rebound.

Deretan pemain utama Lakers sebenarnya masih bermain dengan menit bermain yang tinggi. LeBron James bermain 30 menit sedangkan Anthony Davis satu menit lebih sedikit. Namun, tak terlihat adanya upaya untuk tampil ngotot dari keduanya.

LeBron dobel-dobel 19 poin, 11 rebound, dan 4 asis. Sedangkan Davis hanya 9 poin, 8 rebound, dan 5 asis. Ia hanya memasukkan 3/11 tembakan. Performa yang hampir mirip dengan kekalahan dari Raptors di gim kedua. Dari bangku cadangan, Dion Waiters melanjutkan tren apiknya dengan 14 poin sedangkan Kyle Kuzma 10 poin.

Thunder akan jumpa Memphis Grizzlies di gim selanjutnya, Jumat, 7 Agustus 2020, waktu setempat. Sementara Lakers akan kembali bermain esok hari, melawan Houston Rockets. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar