IBL

Pemain bebas terbatas (restricted free agent) Tyus Jones mesti bersiap untuk pindah dari Minneapolis ke Memphis. Ia akan merapat kepada Grizzlies setelah sepakat dengan kontrak baru. Apalagi Timberwolves, tim lamanya, juga tidak berusaha mempertahankannya.   

Adrian Wojnarowski, ESPN, melaporkan bahwa Timberwolves menolak menyamai penawaran Grizzlies karena satu tujuan. Mereka hendak meluangkan ruang gaji agar bisa bergerak pada masa bebas 2020. Grizzlies pun berhak mendapatkan Jones untuk melengkapi skuat mereka.

Timberwolves belakangan juga sudah mengonfirmasi kepergian Jones. Mereka menyampaikan kabar itu melalui pernyataan resmi tim pada Selasa, 9 Juli 2019 waktu setempat. President of Basketball Operations Gersson Rosas mengucapkan terima kasih atas kontribusinya selama ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Tyus dan keluarganya atas kontribusinya di lapangan, juga dampaknya kepada lingkungan sekitar,” kata Rosas dalam pernyataan itu. “Kami mendoakan yang terbaik untuk mereka.”

Jones, 23 tahun, bermain sebagai garda utama sejak pertama kali muncul di NBA. Ia sudah berada di NBA selama empat musim. Ia memulai kariernya bersama Timberwolves pada 2015 silam. Jones tidak pernah pindah ke tim lain sampai Grizzlies merekrutnya pada masa bebas tahun ini.

Grizzlies merekrut Jones untuk melapis ruki Ja Morant. Apalagi ia punya banyak pengalaman sebagai garda pelapis selama di NBA. Garda utama besutan Duke University itu tampil sebanyak 68 kali pada 2018-2019. Ia mencetak rata-rata 6,9 poin, 2 rebound, 4,8 asis, dan 1,2 steal. Itu merupakan penampilan terbaiknya selama berkarier di NBA.

Dengan bergabungnya Jones, kini Grizzlies punya setidaknya tiga garda utama berusia muda. Morant (19) baru saja masuk ke NBA dengan potensi pemain bintangnya. De’Anthony Melton (21), di sisi lain, juga baru bergabung dengan tim setelah Phoenix Suns menukarnya ke Grizzlies.

Jones akan membantu mereka untuk menghadapi musim 2019-2020. (put)

Foto: NBA

Komentar