TIMNAS

Hingga 5 Juli 2019 waktu setempat, masih ada sederet pemain bebas yang belum menentukan masa depan mereka. Di antaranya, ada pemain-pemain seperti Kawhi Leonard, DeMarcus Cousins, Danny Green, Jabari Parker, hingga pemain senior seperti Pau Gasol. Menariknya, satu nama dikabarkan oleh The Athletic menarik minat hingga delapan tim NBA, dan ia bukanlah nama-nama yang sudah disebut di atas. Ia adalah Justin Holiday.

Delapan tim yang disebut berminat menggunakan jasa Holiday adalah Los Angeles Lakers, Toronto Raptors, Chicago Bulls, Los Angeles Clippers, Indiana Pacers, Washington Wizards, Charlotte Hornets, dan Cleveland Cavaliers. Menariknya, tim yang dibela Holiday di paruh kedua musim lalu, Memphis Grizzlies, terbuka untuk melakukan skema sign and trade demi melancarkan perpindahan Holiday.

Holiday sudah bermain enam musim di NBA meski gagal terpilih di NBA Draft 2011. Meski tercatat mengawali karir dengan Philadelphia 76ers pada 2012-2013, Holiday pertama kali menarik perhatian banyak pihak pada 2014-2015. Kala itu, ia masuk dalam skuat juara Golden State Warriors. Ia menjadi bagian dari pemain cadangan solid yang mengawali dinasti luar biasa Warriors.

Setelahnya, ia tercatat bermain untuk Atlanta Hawks dan Chicago Bulls di musim 2015-2016. Menyeberang ke New York Knicks di pasar pemain bebas satu musim selanjutnya. Kembali ke Bulls untuk satu musim penuh di 2017-2018 sebelum masuk pertukaran ke Grizzlies di tengah musim lalu.

Musim 2018-2019 menjadi kali kedua bagi pemain yang akrab dengan nomor punggung tujuh ini bermain penuh 82 gim. Sebelumnya, ia sempat mencatatkan hal serupa kala masih membela Knicks. Musim ini, ia mengemas 9,5 poin, 3,5 rebound, 1,4 asis, dan 1,2 steal per gim. Catatan steal tersebut merupakan yang terbanyak sepanjang karirnya.

Holiday bisa menjadi bagian penting bagi barisan cadangan untuk sebuah tim. Kemampuannya menciptakan tembakan seorang diri dan ketangkasannya dalam bertahan dapat membuat sebuah tim lebih tenang mengistirahatkan pemain utama mereka. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar