IBL

Forwarda Washington Wizards, Bobby Portis, akan menyandang status restricted free agent di pasar pemain bebas nanti. Dilansir The Athletic, Bobby tak sungkan untuk menyatakan bahwa ia berharap akan mendapatkan tawaran kontrak di kisaran AS$16 juta. Sebagai restricted free agent, Bobby bebas mendapatkan tawaran dari semua tim di NBA dan Wizards mendapatkan kesempatan untuk menyamai tawaran tersebut dalam waktu 48 jam setelahnya atau melepas Sang Pemain.

Bobby sendiri datang ke Wizards baru di musim ini melalui proses pertukaran. Ia datang dari Chicago Bulls bersama Jabari Parker dan hak memilih di putaran kedua NBA Draft 2023. Sebagai gantinya, Bulls mendapatkan Otto Porter Jr.

Sepanjang musim ini, Bobby bermain di 50 gim dengan 28 untuk Wizards dan 22 bagi Bulls. Dari jumlah penampilan terebut, ia mengemas 14,2 poin, 8,1 rebound, dan 1,4 asis per gim. Catatan poin dan rebound tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang karirnya sejak masuk ke NBA pada musim 2015-2016.

Tak sampai di situ, pemain yang terpilih di urutan ke-22 NBA Draft 2015 ini juga berkembang cukup baik secara akurasi tembakan tripoin. Musim ini, ia memiliki akurasi di angka 39 persen yang juga menjadi catatan terbaiknya. Pemain berusia 24 tahun itu juga melepaskan 3,8 tripoin per gim, meningkat 0,3 percobaan dari musim sebelumnya.

Secara statistik lanjutan, Bobby memiliki eFG% di angka 50,4 persen. Meski berjarak sekitar dua persen di bawah rata-rata NBA, catatan tersebut masih bisa diterima. Secara produktivitas, Bobby memiliki TS% di angka 53 persen.

Semua catatan di atas sebenarnya cukup mendukung bagi Bobby mendapatkan kontrak yang ia inginkan. Belum lagi usianya yang masih terbilang muda, beberapa tim yang merencanakan pembangunan jangka panjang dirasa akan cocok dengan Bobby.

Di sisi lain, The Athletic juga mengabarkan tak akan menyamai tawaran “mewah” kepada Bobby. Ya, Wizards sudah cukup “tercekik” dengan kontrak yang mereka berikan kepada John Wall, Bradley Beal, Jabari Parker, bahkan Ian Mahinmi. Satu fakta lain yang akan memudahkan tim-tim di luar sana untuk mendapatkan Bobby. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar