IBL

Portland Trail Blazers membuat pergerakan pada masa bebas 2019 ini. Mereka mengakuisisi Hassan Whiteside dari Miami Heat lewat pertukaran melibatkan empat tim. Blazers mengirim Meyers Leonard ke Miami dan Maurice Harkless ke Los Angeles Clippers agar pertukaran itu terjadi.

Menurut Adrian Wojnarowski, pertukaran melibatkan empat tim itu dilakukan untuk meluangkan ruang gaji Heat. Mereka hendak merekrut Jimmy Butler dengan sistem rekrut dan tukar (sign and trade). Oleh karena itu, Heat membutuhkan tiga tim lain untuk saling menukar pemain. Ujung-ujungnya, Whiteside pun merapat ke Portland.

Blazers, di sisi lain, juga membutuhkan seorang senter sementara Jusuf Nurkic menepi karena cedera. Mereka mengakuisisi Whiteside untuk mengisi kekosongan. Apalagi Blazers gagal mendapatkan tanda tangan Enes Kanter. Senter asal Turki yang membela Portland selama setengah musim itu memutuskan bergabung dengan Boston Celtics.

Whiteside sendiri menyisakan kontrak satu tahun. Ia sempat menandatangani kesepakatan berdurasi empat tahun sebesar AS$98 juta pada 2016 silam. Sisa kontrak itu kemudian beralih ke Portland.

Whiteside membela Heat selama lima musim sejak 2014-2015. Ia menjadi senter andalan sampai Bam Adebayo menggesernya di barisan starter pada pertengahan musim lalu. Whiteside pun terpaksa duduk di bangku cadangan.

Kendati demikian, Whiteside berhasil tampil dalam 72 pertandingan dengan 53 kali sebagai starter. Ia mencetak rata-rata 12,3 poin, 11,3 rebound, dan 1,9 blok. Sebagai seorang senter yang mengandalkan fisiknya, ia sering bermain di bawah ring untuk mendulang poin maupun bertahan. Blazers akan menggunakan senter berusia 30 tahun itu sesuai kemampuannya.

Selain Whiteside, Blazers mendapat pemain lain bahkan sejak masa bebas belum dibuka. Salah satunya adalah Kent Bazemore. Mereka mendapatkannya dari Atlanta Hawks dengan menukar Evan Turner.

Pada masa bebas, Blazers juga memperpanjang kontrak Damian Lillard selama empat tahun. Mereka ingin mempertahankan wajah utamanya dalam waktu yang sama. Belum lagi Rodney Hood dan Mario Hezonja yang kabarnya akan dikontrak.

Blazers masih punya banyak waktu untuk memikirkan langkah mereka. Sebab, masa bebas baru berlangsung dua hari. Mereka masih bisa melakukan pergerakan seandainya ingin melakukan lebih banyak hal. (put)

Foto: NBA

Komentar