IBL

Selain Milwaukee Bucks, Philadelphia 76ers juga dibilang tim yang sibuk di pasar pemain bebas kali ini. Bagaimana tidak, dua dari empat top skor merekan menyandang status unrestricted free agent. Kedua pemain itu adalah Jimmy Butler dan Tobias Harris. Pemain yang pertama disebut hingga kini belum mendapatkan kepastian tentang masa depannya sementara nama yang terakhir sudah.

Kepastian tersebut didapat setelah ESPN mengabarkan bahwa Harris akan bertahan dengan Sixers dengan kontrak selama lima tahun bernilai AS$180 juta. Lebih rinci, laporan tersebut menyebutkan bahwa tidak ada klausul opsi pemain (player option) di kontrak baru ini.

“Saya masih ingin menyebut suatu tempat sebagai “rumah.” Akhirnya, kini saya bisa melakukan itu, saya adalah seorang Philadelphia 76ers,” ujar Harris kepada ESPN. Sesaat setelah saya darang dari Los Angeles Clippers Februari lalu, saya melihat potensi besar di tim, organisasi, dan kota ini. Kami punya urusan yang belum selesai dan saya siap berkomitmen dalam jangka waktu yang lama demi mendapatkan gelar untuk Philadelphia. Ini adalah salah satu kota olahraga terbaik dan mereka lapar atas gelar juara NBA. Begitu pula Sixers dan saya,” tutup Harris.

Sixers adalah tim kelima yang dibela oleh Harris sejak masuk ke NBA pada NBA Draft 2011. Kala itu, ia dipilih oleh Charlotte Bobcats (sekarang Hornets) di urutan ke-19. Namun, Harris tak sekalipun bermain untuk Hornets. Ia langsung ditukar ke Milwaukee Bucks. Setelahnya, ia bermain untuk Orlando Magic, Detroit Pistons, dan Clippers.

Dengan kesepakatan ini, hampir dipastikan Butler akan meninggalkan Sixers entah dengan cara apa. Kabar paling santer menyebtukan bahwa ia akan merapat ke Miami Heat dengan menggunakan skema sign and trade. Di sisi lain, kesepakatan ini juga mengunci tiga tempat di barisan utama Sixers yang akan ditempati Ben Simmons, Harris, dan Joel Embiid.

Perlu diketahui, semua informasi kesepakatan bergebungnya seorang pemain di pasar pemain bebas ini masih bersifat sementara hingga 6 Juli 2019, waktu setempat. Masa-masa ini disebut “Free Agent Moratorium Periode.” Per 6 juli 2019 nanti, para pemain baru diperbolehkan untuk menandatangani kesepakatan secara resmi dengan tim terkait. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar