IBL

Kabar mengejutkan datang dari salah satu pemain bebas yang musim ini membela Indiana Pacers, Darren Collison. Melalui tulisan yang ia publikasikan lewat The Undefeated, Darren menyampaiakn bahwa ia akan pensiun dari NBA. Pemain berusia 31 tahun ini total sudah bermain selama 10 musim untuk lima tim yang berbeda.

Lima tim yang ia pernah perkuat adalah New Orleans Hornets, Indiana Pacers, Dallas Mavericks, Los Angeles Clipppers, dan Sacramento Kings. Darren bisa dibilang sebagai pemain yang underrated terutama karena posturnya yang tidak terlihat cukup atletis. Namun secara statistik, alumnus UCLA ini tidak pernah mengecewakan.

Dalam setiap musim penampilannya, ia selalu menorehkan rataan dua digit poin dan hampir selalu empat asis per gim. Tepatnya, rataan Darren adalah 12,5 poin, 2,7 rebound, dan 5,0 asis per gim. Ia juga nyaris selalu jadi pilihan utama di tim yang ia bela terbukti dengan 518 kali bermain sebagai starter dari 708 penampilan. Ia juga sangat akurat dari tripoin dengan rataan 39 persen tembakan.

“Basket telah menjadi bagian hidup saya sejak kecil. Saya tidak akan bisa membayangkan ada hal lain yang lebih menyenangkan dari basket. Namun, selagi saya masih cinta basket, saya juga tahu ada hal penting lainnya, keluarga dan kepercayaan saya. Saya adalah salah satu dari Jehovah’s Witnesses dan kepercayaan saya berarti cukup banyak di hidup saya,” tulis Darren.

Jehovah’s Witnesses adalah salah satu kepercayaan yang ada di agama Kristen. Kelompok ini memiliki sekitar 8,5 juta pengikuti di seluruh dunia. Pusat kepemimpinan kepercayaan ini ada di daerah Warwick, New York, Amerika Serikat.

“Saya mendapatkan banyak sekali kegembiraan dengan suka rela membantu sesama dan memberi pelayanan. Kebahagiaan yang saya rasakan benar-benar tidak tertandingi. Dengan semua hal itu, saya memutuskan untuk pensiun dari NBA,” lanjut pemain yang terpilih di All-NBA Rookie First Team di tahun 2010.

“Jika Anda mencintai basket seperti saya, Anda tidak akan bisa fokus ke hal lain. Saya selalu merasa ingin membantu lebih banyak orang lagi. Itulah mengapa saya mengambil keputusan pensiun dan membantu semaksimal mungkin. Saya merasa bersyukur atas semua kesempatan yang sama dapatkan dari basket di hidup saya. Saya mendapatkan banyak keuntungan lebih dari 10 tahun bermain di hadapan para penggemar terbaik dan organisasi yang juga baik di sini,” imbuhnya.

Ia lantas mengucapkan terima kasih kepada sederet orang-orang penting dalam karirnya termasuk bintang-bintang NBA. Meski tak kenal secara dekat, Darren menyebut pemain-pemain seperti LeBron James, Kevin Durant, dan superstar lainnya membuat dirinya ingin bermain lebih baik.

“Kepada kalian semua, saya ucapkan terima kasih kepada dukungan kalian yang tak henti sepanjang seluruh karir saya. Terima kasih telah menghormati keputusan saya,” tutup Darren. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar