IBL

Boston Celtics tidak hanya merombak skuatnya dengan berburu pemain. Mereka juga berusaha menambahkan orang lain di jajaran pelatih untuk menyambut musim baru NBA 2019-2020. Celtics merekrut eks WNBA Kara Lawson sebagai asisten Kepala Pelatih Brad Stevens pada Kamis, 27 Juni 2019 waktu setempat

Lawson belakangan ini bekerja sebagai analis bersama ESPN dan Washington Wizards. Ia telah menjalani pekerjaan itu selama tiga tahun. Ia sering muncul di berbagai siaran televisi untuk membedah permainan.

Lawson sebelum ini juga sempat berbicara dengan tim-tim NBA. Mereka tertarik untuk menggunakan jasanya sebagai pelatih. Namun, baru Celtics yang berhasil menarik perhatiannya. Ia menerima pekerjaan itu karena keberadaan Stevens dan organisasi Celtics.

Kehadiran Lawson di Boston sekaligus menegaskan posisi perempuan dalam peta persaingan NBA. Ia bergabung dengan Becky Hammon (San Antonio Spurs), Jenny Boucek (Dallas Mavericks), dan Lindsay Gottlieb (Cleveland Cavaliers) sebagai asisten pelatih perempuan di liga tersohor sedunia. Mereka menunjukkan bahwa perempuan punya tempat di sana.

Karier Lawson di bola basket juga sudah malang melintang. Ia bermain untuk University of Tennessee pada 1999—2003. Ia berhasil mengantarkan kampusnya ke Final Four NCAA tiga kali. Saat itu ia bekerja sama dengan pelatih perempuan legendaris Pat Summitt.

Setelah itu, Lawson melanjutkan kariernya ke jenjang profesional. Ia menghabiskan waktu selama 12 tahun di WNBA. Ia bermain untuk tiga tim, di antaranya: Sacramento Monarchs, Connecticut Suns, dan Washington Mystics. Ia meraih gelar juara pada 2005 bersama Monarchs.

Lawson juga punya karier yang cerah bersama tim nasional Amerika Serikat. Ia menyabet medali emas dalam ajang World University Games di Beijing pada 2001. Ia kemudian menyabet hal serupa ketika membela timnas senior dalam ajang Olimpiade di Beijing pada 2008.

Lawson kini akan membawa pengalaman itu ke NBA. Ia mesti membantu Stevens menangani Celtics. Mereka juga akan berburu pemain bersama manajemen pada masa bebas nanti. Celtics berusaha berbenah untuk musim depan yang lebih baik. (put)

Foto: Twitter Kara Lawson/@karalawson20

Komentar