IBL

Kepindahan Marc Gasol ke Toronto Raptors berbuah berkah. Setelah berkarier selama 11 tahun, ia pun menjadi juara NBA untuk pertama kalinya. Gasol kini berusaha untuk mempertahankan posisinya. Ia mengambil opsi pemain untuk terus berada di Toronto.

Gasol sebenarnya bisa saja menjadi peman bebas dengan menolak opsi pemain itu. Kemudian, mengetes harga di pasar pemain bebas untuk kontrak yang lebih besar dan lama. Namun, ia memilih untuk bertahan saja dulu dengan kontrak lamanya. Ia mengambil opsi pemain satu tahun senilai AS$25,6 juta. Kontrak itu melengkapi kontrak lima tahun yang pernah ia tandatangani bersama tim lamanya, Memphis Grizzlies.

Gasol bergabung dengan Raptors setelah Grizzlies menukarnya pada pertengahan musim 2018-2019. Grizzlies menukarnya karena mereka berusaha untuk membangun ulang skuat dengan pemain-pemain yang lebih muda. Gasol kebetulan termasuk salah satu veteran.

Dengan pengalamannya, senter asal Spanyol itu justru berhasil membantu Raptors ke Final NBA untuk pertama kalinya. Mereka menghadapi Golden State Warriors dalam enam pertandingan. Raptors menang 4-2 sehingga keluar sebagai juara.

Selama membela Raptors, Gasol tampil dalam 26 pertandingan dengan menjadi starter sebanyak 19 kali di musim reguler. Ia mencetak 9,1 poin, 6,6 rebound, dan 3,9 asis per pertandingan. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 46,5 persen, dengan efektivitas 52,7 persen dan true shooting percentage 56,5 persen.

Di playoff, Gasol tampil dalam 24 pertandingan. Semuanya starter. Ia mencetak 9,4 poin, 6,4 rebound, dan 3 asis per pertandingan. Ia sempat tampil impresif di pertandingan final pertama dengan 20 poin dan 7 rebound. Penampilannya membantu Raptors membuka jalan ke podium juara.

Raptors sendiri akan berusaha mempertahankan gelar pada 2019-2020. Oleh karena itu, mereka ingin pemain-pemainnya—setidaknya pemain inti—tetap bersama. Gasol sudah memutuskan menetap. Raptors kini tinggal fokus untuk mempertahankan Kawhi Leonard. Forwarda andalan itu memutuskan menolak opsinya untuk mendapatkan kontrak yang lebih besar dan lama. (put)

Foto: NBA

Komentar