IBL

Meski sudah tidak lagi menjual sepatu basket kekinian, Fila menjalankan kontrak jangka panjang dengan Grant Hill. Hal itu dibuktikan dengan perilisan sepatu-sepatu khusus bertema legenda Detroit Pistons tersebut. Kali ini, pabrikan asal Italia itu membuat sepatu basket gaya hidup untuk meramaikan gelaran NBA Draft 2019. Tahun ini sekaligus memperingati 25 tahun saat Hill terdaftar sebagai ruki pada 1994.

Perilisan ini sekaligus membangkitkan kembali siluet Fila Spoiler, sepatu basket Fila pertama Hill. Ia memakainya saat menjalani musim pertama bersama pihak sponsor. Di tahun kedua, ia mendapat sepatu khusus bernama Fila GH dan terus memakainya hingga kontrak berakhir. Setelah itu, Spoiler tak lagi terdengar namanya sehingga hingga kahirnya terpendam dalam lemari arsip Sang pabrikan. Lalu pada 2017, Fila kemudian mencoba membangkitkannya lagi dan menjadikannya sepatu kasual berakar pada gaya hidup basket.

Grant Hill saat mendeskripsikan sepatu ini.

Tahun 2019 terhitung 25 tahun sejak momen Grant Hill terdaftar di NBA Draft 1994 dan bergabung bersama Detroit Pistons. Fila mencoba membuka kembali kenangan itu lewat edisi terbatas Fila Spoiler x Grant Hill “Draft Day”. Motif dasi yang dipakai Hill di ajang tersebut menjadi inspirasi untuk memberi warna pada detail sepatu di bagian tali Velcro belakang juga sol dalam.

Dalam rilis pers yang diterbitkan Fila, Hill mendaku bawah Spoiler merupakan sepatu yang penuh kenangan dan bermakna dalam karirnya. “Saya selalu menggunakannya saat memulai karir panjang saya di NBA. Perilisan ulang Fila Spoiler membuka segala kenangan indah semasa muda,” tulisnya. Sepatu penuh kenangan ini dibuat dengan jumlah 94 pasang saja, sesuai dengan tahun Sang pemain memasuki musim profesionalnya. Anda sudah bisa membelinya dengan sistem pembelian daring seharga AS$ 90.

Grant Hill ada di daftar nomor tiga NBA Draft 1994 oleh Pistons setelah berprestasi bersama Duke. 

Grant Hill sempat tidak melanjutkan kerja samanya dengan Fila. Setelah itu, ia tercatat menjadi duta untuk adidas dan Nike. Meski begitu, kepopuleran Fila GH tetap terjaga di bawah radar terutama di kalangan komunitas basket yang melihat kejayaan Hill. Oleh karena itu, pada 2018, Fila menunjuknya sebagai duta dengan kontrak seumur hidup.

“Kami bangga jadi bagian dari perjalanan emas Grant Hill. Penetrasinya menggambarkan visi Fila di bidang yang kami geluti saat ini. Suatu keberuntungan bisa menjadikannya bagian dari perjalanan Fila di masa yang akan datang,” tutur Jon Epstein, Presiden Fila Amerika Utara kepada pers saat pengumuman kerja sama ini.

Fila memang tak lagi menjual sepatu basket laiknya Puma dan New Balance. Meski demikian, warisannya saat jadi bagian di kultur ini masih terjaga. Setidaknya, di era 1990-an, Fila jadi produsen sepatu basket yang diperhitungkan. Mereka tetap menjaganya dengan strategi baik, mengontrak kembali Grant Hill yang dianggap sebagai duta terbaik bagi Fila di ranah basket.

Foto: Fila, NBA

Komentar