IBL

Pabrikan olahraga asal Italia, Fila, saat ini sudah tak lagi memproduksi sepatu basket berperforma. Namun, merek yang kini dijalankan oleh pebisnis Korea Selatan itu punya sejarah cukup panjang di ranah NBA. Oleh karenanya, wajar bila kemudian Fila juga ingin kembali ke pangsa pasar itu. Kerja sama Fila dan Grant Hill jadi kunci utama dalam meraih atensi.

Karir Hill di bidang basket terbilang fluktuatif. Ia kerap frustasi lantaran didera bermacam cedera. Walau begitu, NBA tetap memberi apresiasi terhadap perjuangannya. Pada 7 September 2018, legenda Detroit Pistons itu masuk ke dalam jajaran Naismith Memorial Basketball Hall of Fame. Momentum itu kemudian dilengkapi dengan kontrak seumur hidup yang diajukan Fila sebagai sponsornya semasa aktif bermain.

Performanya telah dipantau sejak masih memperkuat Duke. Ia kemudian mengajukan diri masuk NBA pada 1994. Selang setahun, ia berbagi gelar Rookie of the Year bersama Jason Kidd yang juga bermain gemilang. Sodoran kontrak besar dari sponsor turut berdatangan. Dari sekian merek yang menggodanya, ia justru tertarik dengan Fila. Kerja sama ini hanya bertahan dua tahun dan menghasilkan dua sepatu khusus: Fila GH1 dan GH2.

Grant Hill kemudian menjadi ikon Fila di dunia basket 1990-an. Ia jadi satu-satunya pemain basket yang disponsori oleh FILA. Nilai kontrak Hill menyentuh angka A$US80 juta. Nominal yang cukup besar di eranya. Pada 1996, Fila meluncurkan GH2 yang jadi salah satu sepatu basket paling dicari saat itu dan yang tersukses. Hingga saat ini, belum ada yang mengalahkan rekor penjualan Grant Hill 2 di tahun 1996 dari seluruh produk yang dipasarkan Fila.

Baca juga: Ramaikan NBA Draft 2019, Fila dan Grant Hill Rilis Sepatu Khusus

Momentum Grant Hill terdaftar dalam jajaran Hall of Fame dimanfaatkan Fila untuk kembali memasarkan sepatu basket terbaiknya. Meramaikan NBA Draft 2019, dipasarkanlah rilisan ulang sepatu pertama Grant Hill bersama Fila. Waktu yang dipilih itu sekaligus memperingati 25 tahun Hill masuk ke NBA. Hanya 94 pasang sepatu yang diproduksi dan sayangnya tidak dijual di Indonesia.

Melalui rilis pers, Fila Indonesia mengumumkan akan mendatangkan Fila GH1 edisi 1995 dan GH2 edisi 1996. GH1 muncul dalam dua warna: kombinasi putih-biru tua dan putih-merah-hitam. Sepatu ini dibanderol dua juta Rupiah. Kabar ini jadi kabar gembira bagi para penggemar Grant Hill dan pengikut kultur basket hingga hip-hop era 1990-an. Apalagi, mendiang Tupac Shakur memakai Fila GH2 di sampul album “All Eyez on Me” yang dirilis pada 1996.

Fila Grant Hill 1

Fila Grant Hill 2.

Foto: Fila Indonesia

Komentar