TIMNAS

Utah Jazz berhasil mendapatkan Mike Conley dari Memphis Grizzlies. Pertukaran itu sekaligus menjawab masa depan Ricky Rubio. Conley akan menggantikan Rubio karena Jazz tidak tertarik mempertahankan garda asal Spanyol tersebut.

Rubio juga sudah mengucapkan selamat tinggal kepada Utah. Ia akan membuka peluang untuk menerima tawaran tim lain pada masa bebas musim panas ini. Apalagi kontraknya sudah habis. Ia berstatus sebagai pemain bebas tidak terbatas (unrestricted free agent).

Rubio berusaha tetap positif ketika mengetahui Jazz mengakuisisi Conley dari Grizzlies. Ia tidak ingin merasa marah, sedih, maupun berpikir berlebihan. Meski ia tahu Jazz tidak menginginkannya, ia akan membiarkan segalanya mengalir dengan bahagia.

Ketika mengetahui Rubio tidak akan menetap di Utah, beberapa tim pun cepat bereaksi. Menurut laporan John Gambadoro, 98,7 FM Arizona’s Sports Station’s, Phoenix Suns menunjukkan ketertarikannya kepada garda 28 tahun itu.

Suns memang tengah memburu garda utama setelah ditinggal Eric Bledsoe pada 2007. Mereka kadang-kadang mengandalkan Devin Booker untuk menjadi garda utama. Namun, Booker tidak bisa tampil maksimal karena ia bukan seorang garda utama. Mereka membutuhkan garda utama berpengalaman seperti Rubio untuk bermain di samping Booker.

Selain Suns, Indiana Pacers kabarnya juga tertarik memboyongnya ke Indianapolis. Menurut The Ringer, Pacers siap untuk menawarnya pada musim panas ini. Mereka berharap Rubio membantu Victor Oladipo dengan kemampuan mengatur permainan dan pertahanan kuatnya.

Rubio musim lalu mengoleksi rata-rata 12,7 poin, 3,6 rebound, 6,1 asis, dan 1,3 steal. Ia tampil dalam 68 pertandingan dengan menit bermain mencapai 27,9. Rubio membantu Jazz lolos ke playoff pada 2018-2019. Namun, itu saja tidak cukup karena tim asal Salt Lake City tersebut hendak bermain di tingkat yang lebih tinggi.

Jazz pada akhirnya merekrut Conley. Sementara Rubio masih membuka peluang. Masa bebas baru akan dibuka pada akhir Juni. Ia punya waktu beberapa saat untuk memikirkan masa depannya. (put)

Foto: NBA

Komentar