IBL

Ben Simmons gagal menembus final wilayah timur bersama Philadelphia 76ers. Namun, perjalanan karier bola basketnya tidak akan berhenti di situ. Simmons kemungkinan akan membela negaranya, Australia, di Piala Dunia Bola Basket di Cina pada 2019 ini.

Meski belum resmi, Simmons mengatakan sendiri bahwa ia ingin membela Australia di kejuaraan antartim dunia. Ia bahkan sempat meninggalkan pesan melalui laman resmi Sina Webo.

“Ni hao (halo), Cina!” tulis Simmons seperti dikutip situs resmi FIBA. “Terima kasih atas segala dukungannya musim ini. Sulit rasanya harus gugur lebih dulu. Namun, saya senang mengatakan bahwa saya mencoba untuk membela negara saya Australia di Piala Dunia FIBA mendatang di Cina! Tetap di sini.”

Selain Simmons, menurut laporan Tony Jones, The Athletic, forwarda Utah Jazz Joe Ingles juga akan membela Australia.

Ingles bukan pertama kalinya membela panji Australia di kejuaraan internasional. Ia sempat membela timnas ketika merebut medali emas FIBA Oceania Championship pada 2011 dan 2013. Pemain berusia 31 tahun itu juga tampil pada kejuaraan yang sama ketika Australia menyabet perak pada 2009.

Ingles tertarik membela Australia lagi di kejuaraan tingkat tinggi seperti Piala Dunia.

“Itu akan menjadi turnamen yang hebat,” ujar Ingles seperti dikutip situs resmi FIBA. “Dan kami semua sangat bersemangat dan mencoba untuk menyaingi tim-tim dunia sekali lagi.”

Sementara itu, rekan setim Ingles di Jazz, Dante Exum, kabarnya tidak bisa membela timnas. Ia mengalami cedera lutut yang mengharuskannya menepi beberapa waktu.

Kendati begitu, Australia tidak akan kekurangan pemain. Mereka masih memiliki beberapa pemain NBA seperti Patty Mills, Matthew Dellavedova, dan Thon Maker.

Piala Dunia sendiri akan berlangsung pada 31 Agustus-15 September mendatang. Australia akan terbang ke Cina untuk menantang tim-tim lainnya, termasuk tuan rumah Cina dan juara bertahan Amerika Serikat. (GNP)

Foto: NBA

Komentar