IBL

Setelah kalah dari Toronto Raptors di semifinal wilayah timur, posisi Kepala Pelatih Philadelphia 76ers terancam. Brett Brown bisa saja dipecat menyusul kegagalan Sixers menembus final wilayah dua musim beruntun. Namun, ternyata manajemen memutuskan terus bersama Brown.

Menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, Brown telah bertemu Managing Partner Joe Harris dan Manajer Umum Elton Brand. Mereka menggelar pertemuan dalam waktu yang lama. Ketiganya bahkan sempat membicarakan fokus persiapan tim di jeda musim nanti.

Rumor pemecatan Brown sendiri mulai muncul belakangan ini. Manajemen berencana untuk berpisah dengan pelatihnya jika ia gagal mengantarkan Sixers ke final wilayah. Namun, beberapa pemain tidak setuju dengan keputusan itu. Mereka membela Brown dengan mengatakan pelatihnya itu berhak setidaknya membimbing Sixers satu musim lagi.

“Saya mendengar rumor-rumor itu. Saya pikir itu omong kosong,” kata senter Joel Embiid seperti dikutip NBC Sports. “Ia telah bekerja dengan sangat baik. Dia melalui semuanya, dan tahun ini saya pikir ia sudah lebih berkembang lagi. Sulit rasanya ketika Anda memiliki lima orang yang dapat mencetak poin dan dapat melakukan banyak hal di lapangan. Sulit untuk menyatukannya.”

Menurut Embiid, Brown adalah pelatih yang hebat. Bukan salahnya jika Sixers kalah.

“Jika ada yang mesti disalahkan, salahkan saya saja,” kata Embiid lagi.

Embiid lantas senang ketika mendengar Sixers memutuskan untuk terus bersama Brown. Ia tahu pelatihnya itu telah melakukan banyak hal untuk tim. Brown mengantarkan Sixers meraih rekor 178-314 selama enam musim. Itu bukan rekor yang bagus, tetapi Sang Pelatih mampu membuat tim asal Philadelphia itu menjelma tim mengerikan di wilayah timur dalam dua musim terakhir. Sixers mengalami perkembangan pesat.

Dalam dua musim itu, Brown mengantarkan Sixers memenangkan lebih dari 50 pertandingan per musim. Mereka selalu lolos playoff setidaknya sampai ke semifinal wilayah. Dengan keputusan manajemen untuk terus bersamanya, kemungkinan Brown akan melatih sampai kontraknya habis pada 2021-2022. (GNP)

Foto: NBA

Komentar