IBL

Gelar individu di NBA memang belum akan diberikan kepada para pemain sebelum musim ini berakhir, tapi, beberapa kategori telah memiliki nominasi kuat masing-masing. Seperti gelar pemain terbaik (MVP), James Harden dan Giannis Antetokounmpo menjadi dua pelari terdepan. Lalu ada Mike Budenholzer dan Nick Nurse yang menjadi salah dua pelatih terbaik di NBA musim ini.

Dari sederet rangkaian gelar individu, salah satu di antaranya adalah Most Improved Player. Tiga nama terdepan yang masuk perbincangan adalah pemain Brooklyn Nets, D’Angelo Russell, pemimpin bangku cadangan Los Angeles Clippers, Montrezl Harrell, dan pemain Toronto Raptors, Pascal Siakam.

Nama yang terkahir disebut masih berpeluang meningkatkan personanya karena menjadi satu-satunya nama tersisa yang masih bermain di NBA Playoff 2019. Ya, Raptors berhasil melaju ke semifinal wilayah dan bertarung melawan Philadelphia 76ers. Setelah melalui dua gim, kedua tim saling berbagi kemenangan.

Di tengah perjalanan tersebut, Pascal muncul sebagai salah satu “pemeran pembantu” terbaik. Ia berkembang menjadi top skor kedua untuk Raptors, hanya kalah dari Kawhi Leonard yang memang didapuk sebagai opsi pertama pencetak poin Raptors.

Jika membandingkan pencapaian musim reguler Pascal tahun lalu dan tahun ini, peningkatannya memang luar biasa. Mendapatkan kenaikan menit bermain hingga 11, 2 menit per gim, sumbangsih Pascal musim ini meningkat pesat di angka 16,9 poin, 6,9 rebound, dan 3,1 asis per gim. Musim lalu, ia bermain rata-rata 20,7 menit dengan sumbangan 7,3 poin, 4,5 rebound, dan 2,0 asis per gim.

Tak hanya dari angka, secara akurasi pun pemain kelahiran Kamerun ini mengalami peningkatan terutama dari tripoin. Musim lalu, rata-rata Pascal melepaskan 1,6 tripoin per gim dengan akurasi hanya 22 persen. Sementara musim ini, Pascal rata-rata melepaskan 2,7 tripoin dengan 37 persen di antaranya menemui sasaran.

Performa apik itu pun terus ia pertahankan di babak playoff ini. Sebelum laga kedua melawan Sixers, Pascal menorehkan rataan 23,7 poin, 8,2 rebound, dan 2,7 asis per gim. Akurasi tripoinnya juga kembali meningkat di angka 42 persen.

Catatan-catatan di atas saya rasa tak perlu lagi membuat para pemilik suara pemilih peraih gelar individu tersebut kebingungan untuk menentukan siapa Most Improved Player of the Year. Pascal adalah pilihan terbaik, bahkan jika ia terus menjaga performanya, bukan tidak mungkin ia menjadi senjata baru nan menyeramkan untuk Raptors ataupun NBA. Siap jadi bandwagon Pascal?

Foto: NBA

 

Komentar