IBL

Boston Celtics berhasil meminimalisasi Giannis Antetokounmpo. Mereka mengukuhkan pertahanan supaya jagoan Milwaukee Bucks itu tidak semena-mena di pertandingan semifinal wilayah pertama. Celtics pun menang 112-90 (1-0) di Fiserv Forum, Milwaukee, Winconsin, Amerika Serikat, Minggu 28 April 2019 waktu setempat.

Kyrie Irving mencetak 26 poin, 7 rebound, dan 11 asis untuk Celtics. Al Horford menambahkan dobel-dobel 20 poin dan 11 rebound. Jaylen Brown 19 poin. Gordon Hayward 13 poin dan 5 asis. Terry Rozier 12 poin dan 9 rebound.

Antetokounmpo menjadi pencetak angka terbanyak Bucks dengan 22 poin. Namun, ia hanya memasukkan 7 dari 21 tembakannya. Celtics benar-benar membuatnya kesulitan untuk menusuk pertahanan mereka.

Sementara Antetokounmpo kesulitan, Khris Middleton membantunya dengan 16 poin, 10 rebound, dan 6 asis. Nikola Mirotic 13 poin dari bangku cadangan. Namun, bantuan itu tidak cukup untuk menyelamatkan wajah Bucks di depan pendukungnya sendiri.

Celtics bahkan unggul lebih dulu 26-17. Mereka mendapat suntikan poin dari Irving. Sang garda mencetak delapan poin untuk membuka peluang menang sejak dini.

Di kuarter dua, Celtics melebarkan jarak. Hayward menjadi amunisi cadangan yang baik. Ia mencetak delapan poin. Tembakannya tidak ada yang meleset (4/4) sampai pertengahan kuarter itu. Celtics unggul 40-25.

Meski tertinggal, Bucks tidak juga menyerah. Apalagi mereka masih ada di pertengahan kuarter dua. Bucks punya kesempatan untuk mengambil alih kedudukan. Mereka tidak membiarkan Celtics jemawa, terutama di depan pendukung Milwaukee.

Middleton kemudian muncul sebagai aktor pengangkat performa timnya. Middleton sudah mengumpulkan 14 poin dan 5 rebound. Bucks yang tertinggal 15 poin pun menipiskan jarak hingga dua poin saja (52-50).

Celtics kemudian berusaha menjaga asa dengan semakin merapatkan barisan pertahanan. Mereka kukuh meminimalisasi serangan Antetokounmpo sampai sang pemain kesulitan melakukan gerakan menusuk. Antetokounmpo pun memilih opsi lain: tripoin dan tembakan gratis.

Antetokounmpo boleh saja mendulang poin dengan opsi itu. Namun, Celtics justru terus melebarkan jarak 17 poin (88-71) di kuarter tiga. Mereka bahkan bisa menjauh dengan selisih 20 poin (100-80) ketika memasuki kuarter akhir.

Bucks terpaksa mengambil jeda untuk memperbaiki permainan mereka. Hanya saja, upaya itu tidak berbuah hasil positif. Apalagi senter Celtics, Horford, tampil gemilang dengan 20 poin, 11 rebound, dan 3 blok di sisa waktu 6:38.

Setelah itu pun, Celtics tetap mampu mengantisipasi serangan menusuk Antetokounmpo. Mereka menutup berbagai cela agar Bucks tidak bisa mendulang lebih banyak poin. Celtics lalu menutup pertandingan dengan kemenangan 112-90. Ada selisih 22 poin yang sulit dikejar Bucks.

Dengan hasil itu, Celtics kini unggul 1-0. Mereka menapak selangkah ke depan, tetapi jalan masih panjang. Celtics membutuhkan tiga kemenangan lagi untuk melaju ke final wilayah.

Celtics dan Bucks masih akan bermain di Fiserv Forum. Pertandingan kedua berlangsung lusa (GNP)

Foto: NBA

Komentar