IBL

Buzzer beater Damian Lillard memang telah berlalu dua hari. Namun, hal-hal yang menarik tentang gim itu terus bermunculan ke permukaan. Salah satu hal yang langsung diperbincangkan setelah gim tersebut adalah kemiripan tembakan tersebut dengan apa yang juga Damian lakukan kepada Houston Rockets, lima tahun lalu.

Setelahnya, aksi balas komentar antara Damian dan Paul George di jumpa wartawan seusai gim juga menarik pehatian. Paul menyebut tembakan Damian adalah sebuah tembakan yang buruk tapi beruntung bisa masuk. Sementara Damian tak sungkan mengungkapkan bahwa pertahanan Paul yang kala itu menjaganya juga tidak kalah buruk.

Terbaru, hype yang terbentuk dari salah satu buzzer beater terbaik dalam sejarah tersebut juga berdampak kepada adidas, selaku sponsor pemain yang akrab disapa Dame tersebut. Dalam laporan salah satu kontributor Yahoo Sports, Chris Haynes, adidas dikabarkan telah menjual 6.000 pasang sepatu Dame 5 dalam kurun 24 jam setelah buzzer beater tersebut.

Meski seolah luar biasa, ternyata penjualan ini tidak hanya berdasar kepada performa apik Dame. Salah seorang pembaca Yahoo Sports lantas membeberkan fakta terbaru. Setelah gim tersebut, adidas memberikan pengumuman bahwa mereka merayakan 50 poin yang diciptakan Dame dengan memberi diskon sebesar AS$50 kepada pembeli mereka.

Dengan harga retail sekitar AS$115, diskon sebesar itu tentu akan memancing para pembeli untuk bergerak cepat. Belum lagi, adidas juga memberikan diskon tersebut hanya untuk 24 jam setelah kejadian bersejarah itu. Satu hal lain yang juga memancing para pembeli untuk segera membeli dalam waktu satu malam.

Tidak bisa dipungkiri, penjualan barang-barang yang dibuat khusus untuk atlet tertentu juga bergantung dengan performa mereka. LeBron James yang setia tampil apik pun nyaris selalu memimpin penjualan sepatu di tiap tahunnya. Stephen Curry yang terus meningkat pamor dan permainnya juga merangsek naik hingga memasuki lima besar sepatu terlaris NBA musim lalu.

Di Indonesia, Abraham Damar Grahita, yang memiliki signature shoes bernama Ardiles AD1, juga sempat mengalami hal serupa. Keberhasilannya menjadi juara membuat banyak pihak mencari sepatu tersebut. Sepatu Ardiles AD1 sendiri masih bisa didapatka di dblstore.com. (DRMK)

Foto: NBA, Twitter

 

Komentar