IBL

Bintang Gonzaga University Rui Hachimura mendeklarasikan diri mengikuti NBA Draft 2019. Ia mengumumkan hal itu pada Senin, 15 April 2019 waktu setempat. Hachimura pun akan merekrut agen untuk langkah selanjutnya.

Hachimura memang sudah diprediksi untuk mengikuti draft tahun ini. Ia selalu masuk dalam daftar prediksi bursa pilih di situs-situs olahraga. Hachimura berpotensi menjadi pemain keturunan Jepang pertama yang terpilih melalui draft.

“Tiga tahun terakhir bersama Gonzaga seperti mimpi yang menjadi kenyataan, dan sekarang saya akan mengejar mimpi saya bermain di NBA,” kata Hachimura seperti dikutip situs resmi tim basket Gonzaga.

Hachimura mengatakan, kehidupannya di Gonzaga sangat spesial. Ia tidak akan melupakannya. Ia lantas berterima kasih kepada warga Gonzaga dan Spokane, Washington, atas cinta dan dukungannya. Hachimura tidak lupa menyebut Jepang yang selalu menyemangatinya selama ini.

“Ini adalah keputusan penting bagi keluarga dan saya. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di Gonzaga, terutama staf pelatih dan semua teman setim yang bertarung dengan saya dan merupakan saudara seumur hidup saya,” sambung Hachimura.

Pemain kelahiran Toyama, Jepang, 8 Februari 1998 itu telah berprestasi di tingkat kampus. Belakangan ia mendapat gelar Julius Erving Small Forward of the Year. Gelar itu menambah panjang daftar penghargaan Hachimura selama di Gonzaga.

Hachimura mencetak rata-rata 19,7 poin dan 6,5 rebound untuk Gonzaga. Timnya masuk ke Elite Eight di NCAA sebagai unggulan pertama. Namun, mereka tumbang dari Texas Tech yang kemudian menjadi tim peringkat dua di NCAA 2019.

Selama di Gonzaga, pemain berusia 21 tahun itu terkenal sebagai pribadi yang positif. Kepala Pelatih Mark Few mengatakan, Hachimura selalu punya senyum lebar di wajahnya. Ia juga pekerja keras.

“Setiap hari ia berlatih sebelum, sesudah, bahkan di luar jam latihan,” kata Few seperti dikutip Spokesman.com. “Ia tidak pernah libur. Ketika kami selesai dengannya, Jepang menginginkannya untuk persiapan Olimpiade (2020), ia menjadi bagian besar dari itu. Ia sudah melakukan cukup banyak hal selama tiga tahun.”

Setelah melalui hal-hal besar bersama Gonzaga, Hachimura siap untuk melangkah ke tingkat berikutnya. Ia berharap untuk bisa menjadi pemain profesional di NBA. NBA Draft tahun ini akan berlangsung Juni mendatang. (GNP)

Foto: NBA

Komentar